mysql mulai ditinggalkan? kenapa harus mysqli dan PDO?

saya baru belajar koding php, javascript, frame work css,bootstrap,jquery..

pernah menanyakan suatu masalah ke seorang senior development lewat dunia maya dan dia menyarankan saya untuk belajar MYSQLI dan PDO aja karena MYSQL sudah mulai ditinggalkan.

apakah berarti ada perubahan syntak atau query pada MYSQLI dan PDO ini?? kalau ada, seperti apa contohnya? atau bagaimana perbedaan mysql dan mysqli ini? saya baru belajar dan masih bingung bedanya dimana..

terima kasih

avatar jacs
@jacs

67 Kontribusi 6 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Kalau sy tidak salah ingat tepatnya sekitar tahun 2012 itu php (php versi 5.5/lebih rendah) sudah tidak mendukung ekstensi mysql. Disarankan untuk beralih ke mysqli atau pdo. Perubahannya dari segi sintax tidak teralalu jauh. Mysql tidak mendukung OOP (object oriented programing) sedangkan Mysqli mendukung. Inilah salah satu penyebab mengapa mysql digantikan dengan mysqli.

Sebenarnya kalau perbedaannya mungkin tidak terlalu jauh, misalnya #Di Mysql untuk buat koneksi:

$link = mysql_connect('localhost', 'my_user', 'my_password');

#Di Mysqli untuk buat koneksi:

$link = mysqli_connect("localhost","my_user","my_password","my_db");

Lebih lengkapnya silahkan bandingkan 2 syntax ini. [link]http://php.net/manual/en/function.mysql-connect.php[/link] [link]http://php.net/manual/en/function.mysqli-connect.php[/link]

Tidak usah terlalu bingung, karena yg merekomendasikan kita untuk menggunakan mysqli/pdo langsung dari php. Dengan kata lain kalau sudah pelajari php dan mysql ikutin aja tutorial yg menggunakan mysqli biar uptodate. Atau nanti kalau sudah terbiasa tidak apa2 lihat tutorial yg sudah lama yg masih menggunakan mysql tapi cari seperti apa syntax dan parameternya di mysqli. Cek juga video sekolah koding. https://sekolahkoding.com/kelas/database-php-dan-mysqli-procedural https://sekolahkoding.com/kelas/belajar-database-dengan-php-dan-mysqli-oop

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Kalau query SQL nya tetap sama nggak ada perubahan (emang nggak bisa dirubah, udah hak paten kayak gitu dari SQL atau aplikasi SQL nya misal MySQL). Nah, kalau syntax fungsi di PHP emang iya berubah. Di PHP, drive/library (mysql) untuk berkomunikasi dengan mysql masih menggunakan struktur prosedural, sedangkan sekarang PHP udah fokus ke sistem object(OOP), makanya PHP bikin baru yang namanya mysqli. Mysqli ini library/drive di PHP yang diambil dari pendahulunya (library mysql), tapi struktur kodenya menggunakan OOP. Karena masih banyak yang pakek library mysql, PHP nggak mau langsung menghapus fungsi ini, tapi kedepannya pasti bakal dihapus. Kayak gitu sih.

Tapi, sebaiknya jangan juga belajar mysqli, soalnya nanggung, belajar aja yang PDO. Kenapa? Karena mysqli cuma bisa komunikasi ke mysql, dia nggak bisa dipakek untuk sistem database lain seperti sqlite, PostgreSQL, dll. Kalau PDO dia bisa universal, bisa dipakek untuk komunikasi ke banyak sistem database, lebih cepet, lebih solid, dan lebih aman juga.

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban