Mohon saran dan masukan mengenai hosting yang semestinya saya gunakan

Selamat siang teman2 semua. lama juga baru muncul sekalinya muncul bertanya >_<

saya sedang mengerjakan sebuah proyek dimana client sy butuh aplikasi web yang bisa digunakan sebagai file storage (penyimpanan file). Entah file apa yang akan diupload intinya dia butuh kapasitas penyimpanan 1 TB. Saya sudah coba2 melirik amazon s3 dan dropbox sebagai pihak ketiga (dalam hal ini sebagai pihak yang dijadikan tempat penyimpanan file). dari dua pilihan itu sy memilih dropbox. saya tertarik ke dropbox karena 1. ada bahasa indonesianya >_< 2. cukup murah juga $99.99/tahun kalau saya tidak salah ingat. Setelah melakukan uji coba local semuanya berhasil tidak ada masalah semua file bisa diupload dan bisa diakses dari aplikasi web yang saya buat. yang membuat saya bingung adalah:

1. di server local kita dengan mudahnya bisa mengubah post_max_size ataupun upload_max_size pada php.ini sedangkan di hosting (dalam kasus ini sy baru punya pengalamn di shared hosting, sy belum punya pengalaman di vps atau dedicated hosting, maaf kalau salah). apa sebaiknya memang saya harus menggunakan selain shard hosting? mohon sarannya. dan langkah2 apa saja semestinya yang saya lakukan.

Sebagai gambaran ini proses production pada proyek sy ini: 1. Testing konfigurasi web dengan pihak ketiga sebagai file storage (dalam hal ini dropbox) 2. Siapakan/sewa domain dan hosting. 3. Uji coba /debug/dsb 4. serahkan ke client

untuk sementara saya sudah selesai ditahap nomor 1. mohon saran hosting atau hal2 berkaitan dengan production yang semestinya saya.

Terimakasih banyak sebelumnya.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Jawaban Terpilih

Iyap, kalau mau ngatur konfigurasi termasuk php.ini emang biasanya terbatas kalau shared hosting. Jangan takut masalah pengalaman, kalau ngga mulai malah bakal ngga pernah ngerasain selain shared hosting.

Dibicarakan sama clientnya dengan detail kalau storage sampai 1 TB itu memang butuh biaya, jadi jangan diinclude sama biaya service yang ktia tawarin, nanti ekspektasinya client dia bebas mau naro file sebesar apapun. Jadi dikomunikasi dari awal lebih bagus.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

thanks daeng hilman atas tanggapannya. Ok saya putuskan di project ini mulai keluar dari zona aman. sy coba belajar cloud hosting. Saya mulai dari tutorial ini https://www.sekolahkoding.com/kelas/cara-hosting-di-digital-ocean.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban