Mencegah New Tab Browser dengan Javascript

Malam menjelang pagi kawan2, Saya sudah muter2 di internet tapi belum menemukan solusi. Saya punya kasus semacam e-learning gitu, bagaimana cara mencegah para peserta untuk membuka tab baru atau window baru pada browser, di browser apapun dengan menggunakan javascript. Bukan menggunakan konfigurasi browser atau ekstensi browser, tapi menggunakan javascript. Mungkin jika tempat ujian nya di tempat sendiri, tak masalah menggunakan konfigurasi browser, yg jadi masalah adalah menggunakan perangkat pribadi dan di rumah pula, jadi tidak bisa di awasi secara langsung. Mohon pencerahannya, terima kasih.

avatar Ahmad554
@Ahmad554

95 Kontribusi 39 Poin

Diperbarui 1 tahun yang lalu

1 Jawaban:

Jawaban Terpilih

<div>Kalau logikanya, mendeteksi user saat&nbsp; meninggalkan window bisa ngga di kasus kamu?<br>coba di test dengan kasus ini<br><br></div><pre>window.onblur = function() { // Your action here };</pre>

avatar hilmanski
@hilmanski

2665 Kontribusi 2131 Poin

Dipost 1 tahun yang lalu

Tanggapan

Sudah sy terapin bang, logikanya masuk. Jadi sy pakai lagi di atas, ketika browser membuka tab baru atau membuka window lain, sy eksekusi fungsi untuk mengirim data ke database bahwa si user meninggalkan browser/membuka tab lain. Keren bang hilman, terima kasih.

Tinggal eksekusi fungsi baru, jika user meninggalkan tab halaman soal, maka ujian gagal. hehe

yep, bisa diberi pertingatan, ketika user melakukan itu, maka ujian gagal

Login untuk ikut Jawaban