membuat web marketplace

apa saja file yg berformat (.php) yang harus disiapkan dalam pembuatan web marketplace yang menggunakan php html dan css? jujur saya bingung harus mulai darimana dan apa ada video tutor nya di sekolah koding? karna untuk persentasi uas saya yang sisa waktu 1bulan lagi, terima kasih

avatar ined
@ined

7 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

5 Jawaban:

wah, untuk buat marketplace taunya pakai framework sih, kalau gak pake gatau caranya. kemarin pernah buat pakai framework laravel. kamu bisa belajar dasar laravel di sekolah koding. belajar otentikasi login®ister, belajar migration, belajar SQL buat database produk marketplace, sama database user, banyak deh, mungkin ada yang mau nambahin?

avatar nrlikhsan
@nrlikhsan

2 Kontribusi 2 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

di frameworknya nanti kamu pake php,html,css,javascript, suka2 kamu. di yutub sekolah koding ada, km cek aja.

avatar nrlikhsan
@nrlikhsan

2 Kontribusi 2 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

@nrlikhsan oh gitu, untuk file format .php nya sendiri apa aja ya yg utama?

avatar ined
@ined

7 Kontribusi 1 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

kalau buat manual memang agak ribet untuk proyek proyek yang besar seperti kasusnya agan, direkomendasikan pakai framework seperti CodeIgniter, Laravel , Slim dan lainnya, kenapa ? tentunya untuk mengefisiensi pekerjaan agan untuk membuat seperti kasus agan.

avatar arisid96
@arisid96

179 Kontribusi 71 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

@ined kalo sudah bljr mvc atau yg lain memang lbh baik pk framework, tp kl baru bljr php(basic) bklan susah kyknya kl mau pk framework + develop codenya bisa2 wknya abis buat bljr framework,

Saran sy sih : Basic : 1. bljr struktur content, ini tergantung web yg kamu buat seperti apa, main contentnya hanya tengah saja atau mau di bagi jd 3 (side left, middle, side right) baru footer. (html) 2. bljr pembuatan simple menu (html, css) 3. bljr menu2 yg akan di buat seperti home, contact us, about us, product. alangkah baiknya jika di tambahkan dengan gambar seperti untuk contact us & about us (html, css, img) 4. bjlr set image background bisa pk image yg simple(yg di blur/dll) atau blank jg gpp. (css) 5. bljr slide show (opsional) (Jquery) 6. bjlr direct link untuk medsos/product(html/php/js) 7. bjlr pembuatan underline, color, font untuk judul product(html,css) 8. bjlr function2 seperti shorten string untuk description product (php) 9. bjlr favicon (html)

Advance : 1. bljr search product (disarankan) (php/js) 2. bjlr auto suggestion untuk search real time (disarankan) (ajax) 3. bjlr google map untuk tampilan about us location (disarankan)(js) 4. bljr effect2 lain seperti snow fall, dll (disarankan) (jquery/js) 5. bljr medsos seperti like fb,dll (disarankan) (js, php) 6. bjlr share(fb/twitter) bars sidebars seperti yg di sblh kiri pada page ini (disarankan)(jquery) 7. bjlr cart user (js, php) 8. bjlr mega/multilevel menu (css, php/html) 9. bjlr pop up untuk notice (js/jquery, php) 10. bjlr zoom product (js/jquery, php) 11. bljr api login google,fb,twitter,yahoo (js, api, php, db) 12. bljr page number product (php) 13. bjlr range price (jquery, js, GET,php) 14. bljr filter product (php, db, js/ajax, GET) 15. bjlr advance filter (js, db, php, ajax, GET) 16. bljr parallax web untuk backgroundnya. (css, php) 17. bjlr plugin untuk chat support (outsource, js, php) 18. bjlr plugin untuk chat support dr medsos seperti message fb (outsource, medsos, js) 19. bjlr vertical selected product (jquery, php, css) 20. bljr responsive web. (css, php, mobile)

Admin (opsional): 1. bljr login user (php + db) 2. bljr upload gambar/data ke database (php, db) 3. bjlr autocomplete mirip seperti auto suggestion untuk input data (ajax, php) 4. bljr discount product (html/php)

Note : mohon maaf jika ad yg slh dlm pnjlsan sy untuk codenya.

Untuk referensi Jquery bisa check di http://www.jqueryscript.net, byk simple jquery yg dapat di terapkan tp disarankan digunakan ketika website sudah jadi. Untuk pengechekan responsive bisa check di responsinator.com bisa untuk localhost/website live.

avatar blackarch
@blackarch

101 Kontribusi 35 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban