Membuat Proyek Open-Source Framework CSS Indonesia

Halo bro/sista, ane salah satu pecinta dunia pemrograman web, mau nanya sesuatu nih... Sebelumnya, coba ane kasi introduksi dulu ya..

Belakangan ini kan lagi marak-maraknya bahasa "Framework". Terlebih lagi dalam perkembangan dunia IT, khususnya di bidang engineering dan lebih mendalam kepada "Website", sudah banyak framework-framework yang membantu kita sebagai programmer dalam membuat sebuah perangkat lunak menjadi lebih mudah, efisien simple dan hemat waktu. Misalkan saja, kalo kita ingin membuat sebuah website atau aplikasi website, berbasis pemrograman server, seperti menggunakan bahasa pemrograman "PHP", sudah ada banyak framework-nya, seperti "Code Igniter", "Laravel", "Cake PHP", dll.

Nah, tak luput dalam pembuatan tampilan layout website/aplikasi website, yaitu dalam penggunaan bahasa CSS-nya, ada juga banyak berkembang framework-framework css seperti "Bootstrap", "Foundation", "Material CSS", dll.

Namun, seluruh framework-framework ini kan yang membuat dan mengembangkannya tentu dari luar, bukan karya anak bangsa.

Nah, dari pernyataan dan informasi diatas, ane ada ide untuk membuat dan mengembangkan framework CSS dari dan untuk bangsa kita sendiri. Dimana proyek ini bersifat "Open-Source" alias FREE dan terbuka untuk dipakai, di-distribusikan dan dikembangkan oleh siapapun. Dan juga, nantinya proyek ini akan menyiapkan dokumentasi-dokumentasi sedemikian rupa untuk memudahkan para developer yang ingin menggunakan framework ini.

Misalnya, dalam penggunaannya, kita menggunakan alat bantu seperti SCSS untuk mempermudah merubah tampilan/layout, dll, dsb.

Oke, kira-kira, dari kalian semua, ada yang berminat untuk membuat dan mengembangkan proyek ini ga? Ya, sebelumnya sih, ane mau kasih tau bahwa proyek ini merupakan proyek non-profit, alias sukarela. Jadi, intinya disini kita tidak mengutamakan adanya penghasilan, namun kita mengutamakan adanya sharing ilmu, wawasan dan juga koneksi. Jadi, bersama-sama kita bisa memajukan bangsa dalam bidang IT terutama dalam pemrgoraman.

Sebelumnya, ane mohon maaf apabila salah melakukan postingan, karena yang ane lihat, segmen disini kan forum, jadi ya ane coba aja posting thread untuk mencari siapa saja yang berminat dan berpotensi untuk membuat dan mengembangkan framework ini.

Kalo ada yang berminat, boleh komentar pada postingan ane ini atau kontak ane untuk didata sebagai kontributor. Syarat-syaratnya juga ga sulit kok, minimal paham HTML & CSS, terlebih kalo paham menggunakan tool SCSS, karena nantinya pembuatan framework ini menggunakan SCSS. Untuk konsep frameworkna, bisa kita diskusi sama". Dan untuk media sharenya, kita bisa menggunakan host open-source code seperti GitHub atau Bitbucket.

Sekali lagi, mohon maaf apabila ada kata-kata atau kalimat yang salah dan kurang berkenan. Dan buat moderator, apabila postingan ini tidak sesuai dengan peraturan, monggo dihapus ndak apa apa.. Hehe..

Salam hangat, Nurimansyah Rifwan - Indonesian Web Developer

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

14 Jawaban:

Kayanya thread ane tenggelem, hehe gpp..

Yang jelas, ane mau update dan memang butuh bantuan dari siapa aja yang ingin belajar dan ikut kontribusi. Jadi, ane coba buat reponya dulu kemarin.

Nah, ane lagi ngembangin framework css ini dengan tujuannya menggabungkan berbagai macam framework css yang ada saat ini.

Nama frameworknya adalah "IndoneCSSia", hehe diambil dari kata Indonesia + CSS (Maaf, agak maksa :P)

Link untuk reponya disini: https://github.com/nurimansyah/IndoneCSSia

Buat yang mau ikut kontribusi, ada 2 cara yaitu: 1. Jadi kontributor tetap. 2. Jadi kontributor bebas.

Bedanya, kalo kontributor tetap, agan punya hak akses untuk Pull & Push (Full Akses). Kalo kontributor bebas, hanya dapat Pull dan Pull-Request.

Btw, untuk jadi kontributor tetap, bisa isi form disini: http://goo.gl/forms/HW00S6ZMTw0vnNGk1 Nanti, saya coba kontak dan interview dikit. Kalo lulus, saya kirim email tata cara dan aturan mainnya, plus full hak akses contributor pada reponya.

Sekali lagi, mohon maaf kalo agak sedikit promo, tapi yang jelas niat ane bukan promo, tapi minta bantuan dan juga apresiasi dari para programmer" Indonesia. Jangan kalah sama programmer luar yang saling bekerja sama buat produk Open-Source. Kita juga harus bisa buat produk open-source sendiri :D

Btw, ane baru buat bagian "Tipografi", "Warna", dll, dsb. Plus sistem grid juga lagi ane buat. Nanti ane update lagi, ngantuk...

Again, thx before :D, see you in development!

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

ada contoh tampilan yang udah di gunakan ga gan yang udah jadi ? karakternya kaya gmna ?

avatar Saputroandhi
@Saputroandhi

509 Kontribusi 162 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Kalo contoh belum gan. Btw karakter apa ya maksudnya? Soalnya ini masih dalam tahap pembuatan awal. Kalo mau liat roadmapnya, bisa liat di Trello-nya disni: https://trello.com/b/knGooFv1

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

kalo saya liat ada web yang pake boostrap , tanpa harus ada info dia pake boostrap biasanya kita udah langsung tau gan kalo itu pake boostrap. kalo boleh saran framework yang agan buat juga ada karaketristiknya. and bahasa yang di pake kalo bsa pake bahasa indonesia buat manggil di class or id nya . biar orang indonesia gampang pelajarinya misal

ini bisa gampang di hapalin :D

maaf kalo ane nyeleneh , coz pengalaman pake boostrap karna bahasa inggris ane ga terlalu bagus suka susah apalnya :D . tapi emang harus ada yang beda kan dari produk baru :D

avatar Saputroandhi
@Saputroandhi

509 Kontribusi 162 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Nah, update... Sistem grid selesai, bisa dilihat di history commitnya: https://github.com/nurimansyah/IndoneCSSia/commits/fitur/3_Fitur-Utama.

Yap, tadinya ane juga pengen buat pake bahasa indonesia kelas-kelasnya. Btw, ada kok beberapa contohnya, misalnya pada "Tipografi", ane buat kelas "sebaris", yang artinya elemennya di gunakan pada sebaris/inline. Nanti bisa di cek.

Satu hal lagi, ane juga masih rada bingung apakah mau full indo untuk kelas" dan komponen"nya atau, atau campur.. Soalnya, kan lumayan kalo di kemudian hari, ada kontributor dari luar juga, hehe... tapi nanti bisa diatur, kalo udah rame.

Btw, skrg ane lagi buat tutorial buat cara pake frameworknya, berhubung development menggunakan "NPM", "Bower" dan beberapa tools, such as, "SASS", "Susy", "Gulp" dsb... Ya ditunggu aja jadwal rilis versi beta-nya,, :D

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

wah.. di tunggu gan . nanti ane coba :D . ane sih lagi ngebayangin aja kalo ada framework PHP atu CSS pake bahasa indonesia . pasti bakal banyak programer pemula yang bakal lebih gampang belajar koding.

semoga ane bisa bantu semampunya buat project agan. dengan ilmu yang cetek ini :D . paling ga bisa jadi tester kan ya hihihihi

avatar Saputroandhi
@Saputroandhi

509 Kontribusi 162 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Sip, nanti di tunggu aja tanggal mainnya...

Btw, sekalian posting info, sudah jadi WIKI untuk pengembangannya disini: https://github.com/nurimansyah/IndoneCSSia/wiki.

Ane lanjut ngerjain fitur-fitur intinya dulu, baru bisa coba rilis versi beta. Mungkin nanti sekalian buat landing-page nya... :D

Thanks bro, kalo emang berminat jadi kontributor juga dipersilahkeun ^^

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

numpang nyimak,,,

avatar switch
@switch

78 Kontribusi 23 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Update boleh ya...

CHANGELOG: # Penambahan modul "Font Awesome" untuk komponen icon. # Penyelesaian fitur dasar "Form" # Penambahan fungsi mixin baru, yaitu "appearanced". # Penambahan komponen tombol dasar.

Commits Link: https://github.com/nurimansyah/IndoneCSSia/commits/fitur/3_Fitur-Utama

Screenshot Contoh: 1. Untuk Tipografi [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.39.21 AM.png[/img] [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.39.31 AM.png[/img] [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.39.40 AM.png[/img] [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.39.55 AM.png[/img] [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.40.02 AM.png[/img]

2. Untuk Sistem Grid [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.40.27 AM.png[/img] [img]https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.40.37 AM.png[/img] ![](https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.40.44 AM.png)![](https://skspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/forums/images/Screen Shot 2016-06-21 at 12.40.50 AM.png)

Kalo udah ikut fork, jangan lupa ganti branch dulu ke "fitur/3_Fitur-Utama". Soalnya belum ane merge ke "development", nunggu fitur utama kelar, baru ane merge.

Ayo ditunggu yang mau belajar dan ikut jadi kontributor... Hehe...

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Mantap gan, baru nyimak telat nih. Terkesan dengan semangat nasionalis nya hha, apa masih jalan pengembangan framework nya, pengen ikut gabung tapi masih newbie. Emang udah saatnya indonesia punya framework sendiri entah css atau javascript. Kita harus melepaskan sikap sikap individual, kita harus bersatu demi kemajuan NKRI hahaha.. MERDEKA

avatar Tedyarif
@Tedyarif

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Mantep, bang

avatar UcokTambunan
@UcokTambunan

12 Kontribusi 7 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

ninggalin jejak dulu disini

avatar alexistdev
@alexistdev

25 Kontribusi 11 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

page not found, udh ga lanjut kah?

avatar dianarifr
@dianarifr

642 Kontribusi 316 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Udah ga lanjut gan. Kayanya sekarang ini untuk CSS, semenjak ada pre-processor kaya SASS, Less, Postcss, dsb, lebih enak untuk bikin CSS sesuai dengan kebutuhan..

Tapi bagi yang ada minat mau bikin CSS framework sendiri, ane siap untuk jadi kontributor :D

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban