Kuliah atau atau bagaiamana ?.

Hai semua . Sebentar lagi seleksi Ptn lebih baik kuliah atau otodiak. Saya lulusan smk non it. Apa untungnya kuliah. Kalau, batas umur pencari kerja berapa ? Mohon bantuannya terima kasih

avatar TriAy
@TriAy

3 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

2 Jawaban:

izinkan saya memberikan pendapat saya dari sudut pandang mahasiswa.

jawaban sebenarnya itu tergantung dari tujuan kita sendiri mau kuliah untuk apa. selama saya kuliah, sebenarnya menurut saya pribadi juga lebih banyak teori dibanding praktik, seperti teori Analisis Sistem, teori Desain dan Implementasi Sistem, teori E-Commerce dan sebagainya. Terkadang, materi-materi itu sangat kurang menarik, tapi sebenarnya itu materi yang bermanfaat supaya saat bekerja bisa menjadi lebih kritis dalam melihat kondisi dan peluang.

materi di kuliah itu terlalu general, diajarin mobile, diajarin web, diajarin game dan sebagainya tapi pada akhirnya mungkin hanya web saja yang digunakan saat bekerja nanti, dan sebagainya.

benefit dari kuliah sebenarnya bukan hanya tenang materi IT saja, tetapi hal-hal non-teknis lainnya juga seperti menambah koneksi baik sesama mahasiswa maupun dengan dosen hingga client-client IT nya universitas.

jadi kembali lagi, tujuan kita kuliah itu untuk apa?

saya punya kenalan 2 anak lulusan SMK, namun dua-duanya SMK IT (RPL & TKJ).

yang anak RPL, sewaktu kelas 3 SMK, dia sudah bekerja di tempat saya magang (yang sewaktu itu saya masih semester 4). setelah itu dia masuk ke salah satu kampus yang jurusan IT nya terkenal sengit, dan sampai sekarang dia juga kuliah sambil bekerja.

sementara yang anak TKJ, setelah lulus SMK, dia tidak langsung kuliah, melainkan bekerja dahulu setahun, setelah itu dia masuk di kampus yang sama seperti anak RPL yg saya ceritakan sebelumnya.

awalnya saya pikir, kenapa anak2 SMK ini sudah dapet pekerjaan tapi masih kuliah lagi, saya tidak pernah bertanya langsung dengan mereka. tetapi sepertinya mereka ingin belajar lebih banyak hal, karena ketika di tempat kerja, kita cenderung belajar untuk menyelesaikan permasalahan pekerjaan itu sehingga lingkupnya hanya itu-itu saja. serta mungkin dengan kuliah juga bisa memberikan pekerjaan yang lebih baik juga.

sehingga kalau dari batas umur untuk mencari kerja jika dilihat dari 2 teman saya ini, menurut saya ya berarti minimal mencari kerja adalah 17 tahun sudah bisa bekerja di IT dan untuk maksimumnya kurang tahu.

semoga membantu.

avatar ridhof
@ridhof

22 Kontribusi 19 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Disini saya sharing tentang pandangan saya untuk <a href='https://hilman.space/blog/kuliah/ '>masalah kuliah</a>, selamat membaca

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban