Kelebihan reactjs dibanding framework lain

Mau nnya klo kelebihan reactjs tuh apa yah buat framework frontend dibanding framework lainnya?mau minta pendapat agan hehe

avatar nogi
@nogi

21 Kontribusi 2 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Klo React bisa dibilang nulis kode HTML didalam JS, kalau Vue sebaliknya. Dua2nya punya kelebihan dan kekurangan masing2. Kalau saya berawal dari Vue dan lagi nyoba belajar React udah 1bulanan, hasilnya lebih enak dan lebih gampang bkin aplikasi pake React. Tapi mungkin pendapat yang laen beda2... Jadi initinya mendingan jangan mencari2 mana yg baaik dan buruk, mending coba aja dulu gak nyesel belajar keduanya kok.

avatar andriyfm
@andriyfm

23 Kontribusi 8 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Tanggapan

ok siap gan makasih pendapatnya..

5 alasan utama mengapa Anda harus memilih ReactJS daripada framework lain,

  1. Mudah dipelajari, mudah digunakan Mampu melakukan hal-hal luar biasa itu hebat, tetapi hanya jika Anda tidak perlu menghabiskan sisa hidup menguasai satu teknologi baru. React JS mudah dipelajari, mudah digunakan serta dilengkapi dengan sumber dokumentasi, tutorial, dan sumber daya pelatihan yang baik. Siapa pun dengan kemampuan dasar JavaScript dapat memahami dan mulai menggunakan React Js hanya dalam beberapa hari.

  2. Reusable Componets Components adalah fitur luar biasa, dan React JS didasarkan pada hal tersebut. Anda mulai dengan hal-hal kecil, yang kemudigunakan untuk membuat hal-hal yang lebih besar, selanjutnya Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Setiap komponen memiliki logikanya sendiri dan mengontrol renderingnya sendiri, dan dapat digunakan kembali di mana pun Anda membutuhkannya. Penggunaan ulang kode membuat aplikasi Anda lebih mudah dikembangkan dan dikelola. React Js juga membantu Anda menerapkan tampilan dan nuansa yang konsisten di semua project.

  3. Virtual DOM Salah satu bagian yang sangat keren dari React adalah DOM virtual. Biasanya, ketika Anda mengembangkan aplikasi yang memiliki banyak interaksi pengguna dan pembaruan data, Anda harus hati-hati saat struktur aplikasi memengaruhi kinerja. Bahkan dengan platform klien yang cepat dan mesin JavaScript, manipulasi DOM yang luas dapat menjadi penghambat kinerja dan bahkan menghasilkan user interface yang menjengkelkan. Lebih buruk lagi, karena DOM adalah tree data structure, perubahan sederhana di tingkat atas dapat menyebabkan perubahan besar ke user interface.

React memecahkan masalah ini dengan menggunakan DOM virtual. Ini, seperti namanya, representasi virtual DOM. Setiap perubahan tampilan baru pertama kali dilakukan pada DOM virtual, yang hidup dalam memori dan bukan di layar Anda. Algoritma yang efisien kemudian menentukan perubahan yang dibuat pada DOM virtual untuk mengidentifikasi perubahan yang perlu dilakukan ke DOM asli. Ini kemudian menentukan cara yang paling efektif untuk membuat perubahan dan hanya berlaku ke DOM asli. Ini menjamin waktu pembaruan minimum ke DOM asli, menyediakan kinerja yang lebih tinggi dan pengalaman pengguna yang lebih bersih.

  1. Developer Tools yang Keren Teknologi baru bisa sangat menyenangkan, tetapi hanya jika Anda dapat menggunakannya dalam lingkungan development. Artinya, memiliki alat untuk membantu Anda merancang dan men-debug teknologi baru, dan React JS mencakup hal desain dan alat debugging. React develper tools, tersedia untuk Chrome dan Firefox, adalah ekstensi browser untuk React. Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa hierarki komponen React di DOM virtual. Anda dapat memilih komponen individual dan memeriksa serta mengedit properti dan statusnya saat ini. Anda juga dapat melacak hierarki komponen dan menemukan parent/child components. Anda dapat menemukannya di Github, di Chrome Store, atau Firefox add-ons page.

  2. React Native untuk Mobile App Development React JS dapat disebut sebagai "belajar sekali - tulis di mana saja" library, karena baik dalam pengembangan aplikasi web dan mobile, React mengikuti pola desain yang sama, memfasilitasi proses transisi. Menggunakan JavaScript polos dan React, Anda dapat membuat UI yang kaya untuk aplikasi asli, serta didukung oleh platform iOS dan Android.

avatar rifkirahman
@rifkirahman

23 Kontribusi 12 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban