framework atau native

Kenapa kebanyakan orang lebih memilih membuat aplikasi web dengan php, menggunakan framework yah gan, ketimbang php native, contoh yang lain sama kasusnya dengan javascript gan, kalau agan pilih yang mana, pakai framework atau native, ? sama alesannya yah gan, please gan,

avatar momoji
@momoji

108 Kontribusi 44 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

10 Jawaban:

kalau untuk dunia kerja lebih sering pakai framework, karena konsep Model View Controller-nya sudah diatur jelas, sedangkan native biasanya untuk "single fighter" bekerja sendiri, dia yang tau isi tiap folder aturannya seperti apa. sedangkan kelebihan framework sudah diatur di dalam dokumentasi, jika web itu ada fitur - fitur terpisah bisa di kerjakan fitur - fiturnya oleh masing - masing orang yang berbeda tanpa mengganggu satu sama lain, ketika sudah selesai bisa di merge/ di satukan (jika bekerja dengan git hub atau version control system lain)

avatar ikhsangama
@ikhsangama

6 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Ngambil struktur frameworknya gan. Jadi kalo dah ada strukur penempatan kodingnya jadi rapih. Juga struktur yg ada di framework tu dah umum diketahuin org banyak. Kalo agan kerja sama tim lebih enak, ga perlu ngejelasin mendetail karena strukturnya dah umum. Sy pernah dapet kerjaan nerusin koding orang pake php native, terus terang sy pusing nerusinnya, karena struktur kodingnya semau orang yg pertama buat. Beda waktu sy pernah nerusin kerjaan orang yg pake codeigniter, lebih mudah sy baca jalurnya, udah jelas penempatan model view control tu maksudnya apa aja, akhirnya tuh kerjaan kelar tuh sy terusin. Kalo yg nerusin kerjaan org pake php native itu, ujung2nya sy cancel, karena dah terlalu pusing ngikutin jalur dan file2 yg banyak trus penempatannya kemana2 foldernya

Jadi kalau software tsb ditulis pake framework, jadi lebih mudah di overhandle org lain

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

klo ci, katanya masih ke 4, ntu juga baru alpha, kalo laravel menurut ane agak kaku, soalnya baru pertama alias newbie, eh ntu laravel kebanyakan paket, jadi bingung pake yang mana. oh iya, dah pernah coba framework apa aja gan @QaiserLab, dan enakan mana pake frameworknya ?

avatar momoji
@momoji

108 Kontribusi 44 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Iya ci v3.1.3 yg terbaru. V4 tu tulis ulang, dah beda sama ci v3. V4 sama aja framework lain yg niru ci (pembuatnya aja beda). Tapi kynya bagus karena ngikutin psr yg baru jadi lebih modern dan clean.

Yg udah sy coba ci sama yii1 dan yii2

Kalo ci enaknya lebih bebas aja utk kita ngarang, bahkan setengah isi koding sy native, yg sy andelin bener di ci cuma struktur mvc, router sama active recordnya

Kalo yii kita ga bebas alias ngikutin tu jalur framework (bisa aja bebas tapi aneh nty ky bukan koding yii). Tapi enaknya ni framework lengkap, apa yg kita mau dari pembuatan website umum ada disini. Seperti buat crud admin, sbentar doang jadi pake generator dan kita custom dikit. Bagian Modelnya ga perlu ngarang, karena dah ada orm. Jadi bisa dibilang model tinggal digenerate dari table trus kita tinggal setting doang. Kebanyakan sy koding di controller ketimbang model. Memang kalo dah nguasain bener yii, kalau utk proses yg umum semua tinggal nyetting kode yg dah disediain ga perlu bikin bener2 dari awal

Kalo agan penggemar native alias orang yg seneng ngebangun aplikasi bener2 dari bawah. Cobain micro framework gan, karena dia cuma nyediain yg agan butuhin dan tidak menyediakan yg tidak dibutuhin. Sy lagi sorot fat free framework gan. Bagus kynya gan, dengan ukuran yg kecil (sy download cuma 204kb). Tapi sgala fitur yg sering sy pakai di ci, ada smua disitu

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

oh iya iya, itu microframework apa gan, soalnya tadi ane googling yang muncul banyak banget bingung gan, atau agan @QaiserLab bisa kasih link downloadnya gan ?

avatar momoji
@momoji

108 Kontribusi 44 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Sama dengan pendapat master-master diatas, saya juga lebih memilih menggunakan framework. Terutama kalau di dunia kerja yang serba menuntut untuk serba cepat. Kalau ada yang gampang, kenapa dipersulit. Lagian hasil kerja saya tak lebih bagus dari apa yang sudah disediakan dalam framework. Seandainya saya lebih kreatif, lebih jago koding, dan lebih2 lainnya.. saya akan memilih native aja deh. Sayangnya, saya hanya programmer biasa, yang tak punya daya kreatifitas.. opsi terbaik, ya framework.

Gitu Gan..

avatar tryhrj
@tryhrj

5 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

kalo menurut saya sih saya lebih suka framwork karena untuk sekarang agak susah dan terbilang lama jika membuat suatu website (terutama dinamis) memakai nativenya, contoh yang ringan saja seperti css. kalau emang tugas kita fokus ke bagian frontend mungkin lebih cocok pakai native css karena bisa dengan bebas mengganti konten htmlnya, tapi kalau kita punya tugas jadi web developer yanng ngurusin konten, frontend, dan backend, kita bisa makin lama bikin webnya, terutama dibagian frontend yang lumayan complicated. jadi kalo emang masnya udh kerja agak berat emang bagusnya pakek framework sih biar kerjaannya lebih ringan aja, kalo seandainya emang pingin pakai native juga gamasalah, maah bikin makin jago :)

avatar nagatap25
@nagatap25

113 Kontribusi 42 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

yuhuuu, oke semuanya, matur thank you gan

avatar momoji
@momoji

108 Kontribusi 44 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Kalau saya kedua-nya oke, masing-masing punya kelebihan nya.

Keuntungan untuk native, kita jadi tau 'bagaimana sesuatu bekerja' (under the hood), dan cobalah sekali buat framework sendiri (dengan referensi framework yang sudah teruji, bagian struktur folder, inheritance nya, routing, dsb), karena itu akan cukup membantu memperbaiki cara koding kita.

Dan keuntungan untuk framework proses development lebih cepat, karena sudah teruji dan familiar bagi komunitas luas sehingga mudah untuk dikembangkan bersama.

avatar ma4m
@ma4m

97 Kontribusi 39 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban