Cara membuat website approval formulir/report secara online

Bagaimana cara membuat website, yang isinya kurang lebih seperti ini: ada page untuk mengisi form, kemudian bisa simpan/edit/hapus data ke database. Di form tersebut isinya data, ada yang berupa angka dan bisa ditampilkan dalam bentuk grafik. Nah dari form yang sudah diisi tersebut, bisa disubmit kemudian dikirim untuk minta approval/semacam signature/image tanda tangan ke seseorang, entah via email, atau orang tersebut harus akses websitenya atau bagaimana. setelah diapproval, data yang disubmit tadi bisa dijadikan report dalam bentuk pdf yang siap diprint, tampilannya ada tabel dan grafik serta tanda bahwa sudah di approve.

Intinya saya bingung teknisnya bagian approval itu, semacam online approval begitu, mohon gambarannya, bisa pakai cara apa atau ada link atau materi yang bisa saya pelajari, terimakasih.

avatar saif94
@saif94

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 3 tahun yang lalu

1 Jawaban:

Umumnya model seperti ini ditangani oleh <a href='https://en.wikipedia.org/wiki/Workflow_engine'>Workflow engine</a>. Tekniknya hampir sama seperti flow program seperti biasa, bedanya ada yang mengatur untuk state dari 'flow' yang di-inginkan. Coba cari dengan keyword: Workflow engine atau BPMN (Business Process Model and Notation).

avatar soeleman
@soeleman

120 Kontribusi 147 Poin

Dipost 3 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban