Cara melaporkan defacer / hacker

mungkin sedikit lucu kalau dilihat dari title, tapi coba bayangkan jika beberapa proyek yang sudah anda kerjakan susah payah sampai tak tertidur, habis di [link] (Deface) https://www.indoworx.com/web-deface/ [/link] hanya gara" Defacer / Hacker. hal ini cukup sering saya alami dan bahkan setiap nama-nama yang saya dapati (facebook) si hacker / defacer ini kebanyakan adalah Bocil - bocil yang ingin tenar di Deepweb (katanya).

memang secara teknis programmerlah yang salah karena webnya terlalu rentan atau low security, tapi apa daya jika baru setengah yang kita kerjakan saja sudah ambles dibabat abis.

ngomong-ngomong soal cara si hakcer masuk juga saya tidak tau, karena setelah saya reupload ulang file asli tetap saja ter-deface. setelah cek and ricek saya mendapati satu file asing bernama random dengan mengambil header ke arah website pastebin yang isinya adalah string yang diconvert menjadi [link] (String.fromCharCode()) https://developer.mozilla.org/id/docs/Web/JavaScript/Reference/Global_Objects/String/fromCharCode [/link] menggunakan Javascript. dan benar setelah saya decode, hasilnya sama seperti index awal. mau kesel tapi yasudahlah. dan akhirnya saya coba hapus database yang ada diserver hosting dan me-upload ulang dari localhost saya ke hosting. akhirnya website berfungsi kembali. saya tidak tau nama metode ini, tapi keliatannya si hacker menggunakan trik nya melalui database yang saya gunakan.

Pertanyaan Saya:

adakah wadah agar para programmer bisa melaporkan kejadian seperti ini?.

curhat sedikit, sebenarnya proyek yang di deface ini adalah proyek mantan rekan kerja saya dulu, jadi proyeknya di timpakan kesaya, KESALnya jadi nambah 2. saya gak tau jika terjadi lagi saya bakal ganti job jadi kurir Express :).

terimakasih.

note: yang ingin minta link facebook sibocil bisa kontak saya. tidak boleh saya terterakan disini.

avatar mhdadil
@mhdadil

105 Kontribusi 61 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban