Cara bikin blog statis gratis

Tahu ngga selain wordpress kamu juga bisa bikin blog gratis dengan menggunakan SSG alias Static Site Generator. Pilihannya sendiri ada banyak, kamu bisa https://www.staticgen.com/ . Yang sering kedengaran ada https://jekyllrb.com/ dan Hugo

Tulisan ini bukan tutorial, sekilas informasi aja. Kamu bisa cek caranya masing masing di dokumentasinya, saya sebelumnya menggunakan jekyll dan baru saja pindah ke hugo. Saya senang sama Hugo karena build webnya cepat sekaliii !

Teori dasarnya seperti ini, kamu akan bikin file / blog post kamu di sebuah file (markdown), nanti SSG ini yang akan membuat semua filenya menjadi file HTML masing-masing. Keuntungannya dibanding kamu bikin HTML satu-satu kamu punya sistem templating, untuk tidak mengulang-ulang seperti bagian header atau footer. Dan tentunya karena kamu menggunakan file statis, website /blognya akan lebih cepat karena tidak berurusan langung sama data-data server nantinya.

Bagaimana dengan hosting? yap! hosting juga bisa gratis bos! kamu bisa cek github-pages, gitlab-pages, netlify, getforge dan lagi dan lagi! opsi untuk hosting web statis (+dinamis :D) sudah banyak tersedia, tinggal kamu mau pilih yang mana

Content Site Management (CMS) untuk static site Kalau kamu ngga suka dengan flow harus bikin file-baru, tulis, upload dst. Tenang, sudah ada CMS atau content site management untuk ini semua, sebut saja netlify, siteleaf, forestry dan masih banyak lagi !!

Itu dia teman-teman semoga membantu! sekarang waktunya bikin! ini contoh web yang saya buat dengan HUGO hilman.space

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

1 Jawaban:

thanks bang hilman :)

avatar newbieprogrammer
@newbieprogrammer

35 Kontribusi 6 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Tanggapan

sama sama!

Login untuk ikut Jawaban