Bisakah Ransomeware wanna cry menginfeksi dual boot

Selamat siang teman2, mumpung lagi heboh2nya saya ingin bertanya mengenai virus ini khususnya di dual boot, mungkin ada dari teman2 yg paham. Mohon maaf kalau keluar dari pembahasan.

Jadi katakanlah sy dual boot ubuntu dan windows 7. Dari beberapa artikel katanya jenis virus ini hanya menyasar pengguna windows. Karena agak parno ditambah lagi wifi yg sering sy gunakan adalah wifi publik seperti warkop atau @wifi.id maka sy putuskan tidak menggunakan windows dulu. Nah, apakah bila sy pakai linux, system windows sy yg lg tdk aktif itu dapat terifeksi oleh virus bersangkuan? Mungkin dapat yg dimaksud di sini besar kecilnya kemungkinan terjangkit virus.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

4 Jawaban:

Jawaban Terpilih

saya juga dualboot(ubuntu dan windows) ms sudah lama tapi bukan kerena ransom karena masih ada tugas di windows , menurut saya enggak papa dualboot toh yang di pake nantinya linux nya , selama ini windows 10 saya aman mas. mungkin nanti klo kena ya linux nya tapi tidak akan compatible . Menurut saya sih begitu mas :D

avatar zapzipzupzepzop
@zapzipzupzepzop

140 Kontribusi 137 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

sepertinya gak ngaruh gan tapi kalo agan parno-an bisa install update windows terbaru ke link berikut https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx pihak microsoft sudah menganalisa ancaman ini dan telah menyediakan patch untuk menutup celah keamanan yang dieksploit malware tersebut.

saran ane: 1. install anti-malware (rekomendasi dari ane ESET) => http://www.virusradar.com/en/Win32_Filecoder.WannaCryptor.D/description

2. pesan dari bang hilman dari sekolah koding -> "jangan lupa bahagia" ^_^

avatar riyadiquraisy
@riyadiquraisy

3 Kontribusi 1 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

pengen gak kuwatir lagi instal linux full bang

avatar zapzipzupzepzop
@zapzipzupzepzop

140 Kontribusi 137 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Sory lama respon, ada kesibukan jadi g bs pegang pc. Thanks info2 dan masukannya bro.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban