Bingung Memulai

Saya mahasiswa jurusan Sistem Informasi di daerah Banjarbaru, saya mau bertanya untuk memangun seuah Aplikasi berbasis web yang pertama dibangun sebaiknya Sistemnya dulu atau tampilan dulu ?

avatar Nazid
@Nazid

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

9 Jawaban:

Sebenernya yang paling pertama itu perancangan dulu mas, mulai dari perencanaan, perancangan system, alur, design database, baru mulai coding, bisa ke system dulu atau bisa juga langsung system sama tampilan dibangun sekaligus..

avatar ahanafi
@ahanafi

815 Kontribusi 552 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Agan ndk usah ambil bingung, agan kan mahasiswa yang jurusan Sistem Informasi yang namanya SI lebih ke perancangan aplikasinya atau Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) jadi agan harus siapkan perancangan Softwarenya mulai perancangan Basis Data (DataBase) dan Relasinya, Flowchartnya , Use Casenya dan lainnya, setelah melakukan perancangan (Design System) nah baru agan rancang Interface Tampilannya / User Interface (UI) agan design semenarik mungkin setelah itu agan baru membuat listing programnya / code programnya.

avatar arisid96
@arisid96

179 Kontribusi 71 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Saya saranin Mending agan mendesain/merancang dulu tampilan website nya minimal bikin dulu blueprint nya kemudian setelah jadi bisa di susul dengan pembuatan database dan kemudian perancangan systemnya

avatar Febriansyah
@Febriansyah

28 Kontribusi 2 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

dibolak-balik juga bisa gan. bisa tampilannya dulu bisa sistemnya duluan. tapi kalau masih baru belajar, sebaiknya tampilannya dulu aja, soalnya disitu agan sama saja bikin sketsa/wireframe/mockupnya dulu biar ga bingung. kalau sistemnya duluan agan butuh tools utk ngujinya, misalnya pake api tester, curl, terminal. sedangkan kalau tampilannya duluan agan bisa ngujinya langsung dengan user interface / tampilan yg sudah agan buat.

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

menurutku tujuan system apa yang akan dibuat...mau seperti apa...pasti udah tak asing dengan analisa system seperti ERD, DFD dtsb....lalu buat skesta web...rancangannya mau seperti gimana...nah setelah ada gambaran lalu implementasikan disystem....jadi lebih enak...kalo terstruktur..

avatar Nami
@Nami

24 Kontribusi 1 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Coba belajar OOP, OOA, OOD (Object oriented programming/Analis/Design).

avatar Fajar25
@Fajar25

41 Kontribusi 4 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

@admin2 makan paramex dulu

avatar wandifrog
@wandifrog

274 Kontribusi 56 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Pakai logika saja gan,

Situ mau makan piringnya dulu yang ada apa nasinya dulu yang ada.

@nasi => tampilan @piring => system

Simpelkan :v

avatar wadahkode
@wadahkode

44 Kontribusi 15 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

anak uniska ya ? hehe ..sbnrnya sma aj . klo mnurut saya mnding backendnya (logika)nya dlu . baru kita bisa hias frontendnya .

avatar angga008
@angga008

11 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban