Belajar Pemrograman lebih baik focus ke satu bidang atau keseluruhan?

Permisi gan, saya mau nanya...

Pada saat saya belajar pemrograman, saya terkadang sering bingung, apakah sebaiknya saya belajar di satu bidang aja, misalnya bagian frontend saja / backend saja atau saya belajar keseluruhan.

Nah menurut agan" disini saran yang lebih baik seperti apa ?

avatar DwikyChandra
@DwikyChandra

5 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

4 Jawaban:

Menurut saya be specialist... Dalami satu pemprograman dengan sungguh2. Kalo di analogikan seperti dokter. Dokter spesialis mungkin bayaran nya lbh besar, di banding dengan dokter umum.

Tp gak ada salahnya kita juga tau dasar2 pemprograman lainnya. Misal kita mendalami frontend, paling tidak kita juga tau tentang dasar membuat api, dan bagaimana api bekerja...

avatar arislanhaikal
@arislanhaikal

40 Kontribusi 8 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Saya lebih cenderung ke pemahaman mengenai algoritma dan konsep-konsep dasar programing. Seperti CRUD dan looping misalnya. Kalau konsep dasarnya kita paham, mau dibagian manapun bahkan di bahasa apapun juga bisa. . Terkait frontend atau backend itu masalah rasa aja gan. Kita memang full interest dimana, apakah frontend atau backend. Dua-duanya punya tingkat kesulitan tersendiri, tapi bukan berarti kita menyepelekan salah satunya. Melainkan ada satu yang kita kuasai sampai ke akar2nya dan satunya (minimal) kita paham konsep/alur/cara kerjanya. . Kalau kita cenderung lebih suka ke backend,maka kita belajar dari konsep dasar hingga ke pengembangan terbaru. Sedangkan untuk frontend bisa kita taktisi dengan : 1. penggunaan framework (Bootstrap, bulma, materialize css) 2. kita gunakan programmer lain yang interest di frontend. . Begitupun sebaliknya :)

avatar chaidiryahya
@chaidiryahya

139 Kontribusi 99 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Makasih jawabannya gan, sangat membantu :)

avatar DwikyChandra
@DwikyChandra

5 Kontribusi 1 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Mantab gan pertanyaan dan jawabannya. kalo saya sendiri sih milih pelajari dasar semuanya dulu baru milih mana yang mau didalemin sesuai passion. hehe...

avatar milliarta
@milliarta

20 Kontribusi 3 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban