Belajar CI dulu atau langsung Laravel?

Saya masih terbiasa menggunakan php native dan sekarang sedang belajar OOP nya dan juga ingin belajar framework php. Nah saran agan-agan gimana, mending belajar CI (CodeIgniter) dulu atau langsung ke laravel? Terimakasih :)

avatar aisipan
@aisipan

10 Kontribusi 6 Poin

Diperbarui 7 tahun yang lalu

4 Jawaban:

laravel dan ci sama sama framework, ga ada hubungannya satu sama lain. Jadi bebas. Tapi laravel sendiri belajarnya akan lebih banyak di banding CI, jadi kalo mau lihat yang simpel dulu, belajar konsep MVC bisa belajar CI

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

ooh jadi mereka ga ada hubungannya sama sekali mas? saya kira untuk mengerti konsep laravel harus belajar CI dulu, begitu. apa benar mas hilman?

avatar aisipan
@aisipan

10 Kontribusi 6 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

berbagi pengalaman dan tips bruh. awal mengenal framework php saya coba ke CI dulu, karena kata orang2 instalasi dan proses belajarnya cukup mudah. Setelah coba belajar 2 minggu akhirnya mulai paham tentang konsep MVC, dan coba2 buat sistem CRUD dasar. Dari situ saya hijrah ke Laravel. Alasan awal hijrah ke Laravel, karena kekinian dan kata orang2 banyak fitur menarik di dalamnya. Dengan bermodal sedikit pengetahuan MVC dari CI. Pas coba laravel sy langsung suka bro. Tapi saya akui instalasi dan konfigurasinya asli RIBET dan bikin kepala pusing. Tapi itu semua sebanding dengan apa yang bisa kita lakukan di dalam bro, banyak bener fitur2 keren dan bergunanya. Masalah routing, menampilkan data di view dengan blade template, eloquent, sistem autentifikasinya, dsb. Silahkan pilih yg mana gan.

avatar onirusama
@onirusama

265 Kontribusi 184 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@onirusama iya bener. tadi saya coba mengikuti kelas CRUD dengan Laravel dengan mas hilman dan ternyata Laravel lebih simpel dan banyak fitur menariknya dan emang bener sih awal konfigurasinya agak ribet tapi kalo dicoba-coba terus sih alhamdulillah bisa. Untuk konsep MVC lagi coba memperdalam lagi :D terimakasih gan sarannya :)

avatar aisipan
@aisipan

10 Kontribusi 6 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban