Beda Ecmascript dan Typescript

Halo agan-agan,

saya mau tanya sesuai dengan judul pertanyaannya, sebenernya perbedaan antara Ecmascript dan Typescript itu apa ya? apakah dari struktur penulisannya yang berbeda? atau ada faktor lain? -> CMIIW

Terima Kasih

avatar sahidprasetyo
@sahidprasetyo

5 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Belum pernah nyoba typescript tapi menurut saya pasti penulisannya berbeda, dan yang saya tau kalo typescript itu dipake di angular, kalo ecmascript ya nama lain dari javascript. Kalo di bahasa pemrograman lain ada versi2nya serperti php5 php7, di javascript pun jg sama cuma sering nyebut versinya dengan ecmascript/ES (seperti ES5, ES6, ES7) cmiiw.

avatar wandifrog
@wandifrog

274 Kontribusi 56 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

nambahin di atas. typescript itu lebih mengandalkan untuk memperkecil bug di codingan kita, karna variable nya bisa di kususkan untuk number,object,array atau string

avatar ardyhim
@ardyhim

289 Kontribusi 175 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

Ecma script itu standarisasi bahasa script, implementasi ecma script ya javascript, actionscript juga termasuk implementasi dari ecma script.

Untuk implementasi ecma script versi terbaru atau sering disebut es6/harmony/es2015 belum sepenuhnya diimplementasikan di javascriptnya berbagai web browser. Maka dari itu muncul transpiler seperti babel utk transpile syntax es6 ke javascript es5 agar dapat berjalan dengan baik dan cross di berbagai web browser.

Typescript itu produk microsoft yg juga implementasinya es6, plus berbagai tambahan. Typescript berupa transpiler sama seperti babel. lebih dekat dengan gaya bahasa pemrograman microsoft seperti c#. Ini versi es6 yg lebih restrict atau taat aturan. Agan bisa menjumpai lebih banyak error yg di debug dikarenakan kesalahan yg bersifat rule seperti masalah deklarasi variable dll.

avatar QaiserLab
@QaiserLab

366 Kontribusi 390 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban