Banyak perusahaan banyak user

Mohon pencerahannya, bagaimana ide untuk database jika aplikasi yang akan kita buat di peruntukkan bagi banyak perusahaan dan banyak user tiap perusaah.

misalnya perusahaan a memiliki karyawan 1000org ada admin dsb perusahaan ini memproduksi hp (data2 barang produksinya disimpan jg), perusahaan b memiliki karyawan 500 org ada admin dsb (misalnya perusahaain ini memproduksi mobil dan suku cadangnya), demikian perusahaan c,d,e, dll.

Setiap perusahaan di daftar pemilik dan dikelola oleh admin, sera karyawan2 lain bisa mengakses databes sesuai ketentuannya.

Perlu di ketahui bahwa ini dalam satu aplikasi yg sama bukan berbeda2 tiap perusahaan.

bagaimana database yg cocok. Apakah bisa database di split (misalnya tiap perusahaan punya database senduri2 tapi bisa di akses pakai aplikasi yg sama, adakah cara database yg seperti ini...? dapatkah kita buat aplikasi yg mengcreat database sendiri setiap ada perusahaan baru yg mendaftar...?

ataukah dalam satu database yg sama dan aplikasi yg sama...?

jika dalam satu aplikasi yg sama gimana mengatur hak aksesnya. Agar bisa perusahaan yg berbeda2 terdaftar dan memiliki hak akses sesuai ketentuannya.

mohon maaf jika pertanyaan saya membuat linglung

avatar eNdson
@eNdson

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Sepertinya ini lebih ke infrastruktur/devOps sih, aku juga kurang paham karena ilmuku belum sampe sana, tapi sepertinya kamu bisa menggunakan teknologi Kontainerisasi seperti docker atau Kubernetes.

Maaf sebelumnya kalau salah, mungkin ada yang lebih paham mengenai 'infrastruktur' untuk menjelaskan agar tidak terlalu melenceng jauh dari topik^^

avatar athallara
@athallara

11 Kontribusi 7 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

bisa menggunakan satu database yang sama, tetapi setiap transasksi yang ada harus memiliki "kode unik" perusahaan masing2, pun begitu pula user. Dari situ agan bisa membedakan semua transaksi dari berbagai perusahaan.

avatar dianarifr
@dianarifr

642 Kontribusi 316 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

jadi gini gan, untuk sebuah perusahaan dengan tema yang berbeda-beda saya sarankan menggunakan lebih dari database.

karena setiap aplikasi walau temanya sama tapi perusahaanya berbeda.

agar lebih mudah memanage sebuah data perusahaan tersebut maka lebih baik menggunakan banyak database.

namun bila agan ingin membuat 1 aplikasi dengan banyak perusahaan system yang dibuat harusnya seperti ERP.

ada dalam sebuah access server, jadi akan dapat mengakses banyak database 1 aplikasi akan di looping untuk mencari type database yang digunakan.

avatar maszgalang
@maszgalang

297 Kontribusi 80 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban