Bagaimana merancang suatu project dengan benar sebelum menuliskan kodenya?

Halo teman2, disini ada yang bisa memberikan saya inspirasi bagaimana merancang suatu project aplikasi sebelum menuliskan code/sintak2nya? Karna saya masih merasa cukup sulit bagaimana untuk merancang struktur data , langkah2(algoritma) sebelum membangun suatu project, mungkin kalau mas hilman membaca saya ingin memberi masukan untuk share video tutorialnya langkah2 perancangan dan hal2 sebelum mengerjakan suatu project(dgn studi kasus tertentu,misal merancang web toko online, portal berita atau yg lainya..) terima kasih teman2 sekolah koding :)

avatar muftimuhamad95
@muftimuhamad95

11 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

4 Jawaban:

Kalau mnurut saya pribadi, baiknya rancang dulu struktur datanya, trus kodingan nya bkin yg mudah d phami, jadi kalau ada perbaikan/pengembangan lbih cepat. Tapi gatau kalau mnurut org lain :)

avatar Septemberkid
@Septemberkid

59 Kontribusi 23 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Pengalaman saya sih, 1.bikin cerita bagaimana orang menggunakan program itu 2.bikin contex diagram (googling) 3.bikin DFD (data flow diagram) 4.bikin ERD (entity relationship diagram)/relasi tabel 5.baru bikin gambaran interfaces nya. 6.baru bikin koding nya

avatar thomsonmail
@thomsonmail

126 Kontribusi 25 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

1. Analisa sistem yang sedang berjalan 2. Diskusikan dengan tim/kelompok masalah yang ditemui (jika berkelompok) 3. Buat alur kerja sistem baru menggunakan flow 4. Buat sistem baru (ngoding) 5. Develop sistem yang telah anda buat 6. Jika sudah berjalan, temukan bug/error 7. Maintenance/pemeliharaan

avatar punyaarn
@punyaarn

55 Kontribusi 16 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

1. Tentukan idenya. 2. Tentukan fitur-fitur yang akan dibuat. 3. Tentukan teknologi yang akan digunakan. 4. Pikirkan arsitekturenya, misal besarnya storage, data, performance, dll. 5. Pikirkan team atau orang yang akan mengerjakan projectnya, dan bagi tugas-tugasnya. 6. Baru mulai koding. 7. Bikin timeline, misal hari ini kelar fitur apa aja, hari ini apa aja, dll sampai projectnya selesai.

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban