Bagaimana caranya mengurangi jumlah data di database mysql ?

bagaimana caranya mengurangi jumlah data di database, misalnya saya punya database Anggaran, isi di dalam database anggaran ada id, nama_kegiatan, jumlah_anggaran, anggaran_dipakai contoh nama_kegiatan = Perseni jumlah_anggaran = 5.000.000 anggaran_dipakai = 2.000.000

bagaimana caranya jika saat entry data kedua jumlah anggaran nya otomatis berkurang, maka jumlah anggaran tersebut akan menjadi 3.000.000, dan saat rekap data jumlah anggaran pertama saat entry tidak ikut berubah contoh data pertama jumlah anggaran data pertama 5.000.000 dan saat rekap kedua jadi 3.000.000. itu make apa ya?

avatar fadrian
@fadrian

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

1 Jawaban:

Bantu jawab:

  1. Untuk sisa anggaran, bikin kan juga fieldnya, misal "sisa_anggaran"
  2. Pada saat insert data baru, cek terlebih dahulu nilai minimum (menggunakan fungsi MIN) dari field "sisa_anggaran".
  3. Jika tidak ada, maka masukkan jumlah data anggaran palin awal.
  4. Kalo ada, maka yang di insert adalah data sisa_anggaran terkecil terakhir (dengan asumsi data ini sudah di cari nilai terkecilnya)
  5. Mungkin querynya nanti akan seperti ini: "INSERT INTO anggaran (jumlah_anggaran, sisa_anggaran) VALUES (IF (MIN(sisa_anggaran), MIN(sisa_anggaran), 0), (NILAI_HASIL_PENGURANGAN))

Catatan: Cara ini berlaku jika tida ada pengkategorian data. Karena fungsi MIN-nya akan memproses semua data dalam satu tabel tersebut. cmiiw.

avatar nurimansyah
@nurimansyah

98 Kontribusi 87 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban