backend / frontend

selamat malam admin dan member sekalian saya ingin bertanya, jika seseorang menekunin backend apa saja yang bisa dibuild nya , saya search misal saya sedang berusaha belajar dan menguasai PHP dan latihan membuat console terminal, untuk basic front end saya tidak terlalu banyak hanya native css masih sulit membuat responsive , lalu saya searching di google apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan php , rata" dibuat untuk side programming , berarti kita apakah harus di tuntut untuk jadi fullstack dev kah ?

avatar azazel
@azazel

14 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Dilemanya persis kek saya gan, belajar yg satu biasanya lupa yg sebelumnya. Kayaknya temen-temen yg belajar PHP kadang2 suka lemah di cssnya. Iya sih gan, kalo belajar keduanya pasti enak hihi.

avatar Biobii
@Biobii

74 Kontribusi 34 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

menekuni backend bukan berarti melupakan frontend. Karena frontend dan backend saling membutuhkan satu sama lain. . Kalau memang agan ingin menekuni backend (PHP semisal), pelajari semua dari basic (fundamental) hingga ke tingkat expert. Trus untuk frontend bagaimana? Bisa menggunakan framework seperti bootstrap, materialize atau bulma. Jadi build frontend cepat dan backend nya pun jadi. Ngak perlu mastery di CSS gan, yang penting bisa baca dokumentasinya dengan baik. . Bootstrap -> [link]http://getbootstrap.com/css/ [/link] bulma -> http://bulma.io materialize-> http://materializecss.com

avatar chaidiryahya
@chaidiryahya

139 Kontribusi 99 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban