Ayo di-tes kodenya (TDD) ! #part3, intro jasmine.js

buat yang belum baca part sebelumnya bisa dibaca disini <a href='https://sekolahkoding.com/forum/ayo-di-tes-kodenya-part1 '>https://sekolahkoding.com/forum/ayo-di-tes-kodenya-part1 </a> <a href='https://sekolahkoding.com/forum/ayo-di-tes-kodenya-tdd-part2-uji-kode '>https://sekolahkoding.com/forum/ayo-di-tes-kodenya-tdd-part2-uji-kode </a>

Pada part yang sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana kita mengidentifikasi hal-hal apa saja yang kita harapkan ada pada fungsi add yang kita buat. Fungsi add / penjumlahan itu merupakan contoh produk paling simpel, hal ini juga berlaku untuk mengembangkan hal lainnya, seperti web app, web page atau produk apapun juga. Biasanya seorang developer atau pengembang bakal membuat rangkaian tes-tes untuk menguji produknya. Dimulai dengan menulis rangkaian tes-tes, dan tentunya, karena produk (kodenya) belum mulai ditulis, maka semua tes-tes yang diuji terhadap produk pasti akan gagal semuanya. Tapi ingat, kegagalan adalah hal yang baik. Dengan modal tersebut kita bisa mulai menulis kode sedikit demi sedikit, agar semua tes-tes yang diujikan bisa lulus satu persatu. Seperti contoh fungsi add yang telah dibahas sebelumnya, misal ada 3 tes yang diuji, awalnya fungsi add gagal melewati 3 tes tersebut. Kemudian kita refaktor kode kita agar lulus uji yang pertama. Sehingga tersisa 2 ujian lagi. Kemudian kita refaktor lagi kodenya sehingga semua rangkaian ujian yang ada bisa dilewati semua ( lulus semua).

Pendek kata, langkahnya, Pertama, kita tulis kode rangkaian tes-tes. Kode yang bakal dites belakangan, jadi semua tes tersebut bakal fail / gagal. Kemudian kita tulis kode agar satu persatu rangkaian tes bisa passed / lulus.

Sayangnya javascript tidak memiliki fungsi testing by default, makanya kita perlu menggunakan library yang memiliki fungsi tersebut supaya kita bisa dengan mudah membuat kode uji. Ada beberapa testing library yang tersedia, tapi disini kita akan gunakan Jasmine.js

describe("A suite", function() {
  it("contains spec with an expectation", function() {
    expect(true).toBe(true);
  });
});

describe("A suite", function() {
  it("contains spec with an expectation", function() {
    expect(true).toBe(true);
  });
});

kode diatas murni cuma sededar fungsi-fungsi javascript yang termaktub dalam library jasmine.js. Temen-temen bisa cek websitenya jasmine.js di <a href='https://jasmine.github.io/2.0/introduction.html'>https://jasmine.github.io/2.0/introduction.html</a>, terus di part selanjutnya kita bisa diskusi tentang jasmine.js.

avatar timelord
@timelord

140 Kontribusi 86 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban