Auto update status transaction ketika pembayaran berhasil/expired

#EDITED

Halo semua,

Saya punya beberapa keluh kesah nih. Saya lagi eksperimen menggunakan payment gw. Umumnya kan kalau di website e-commerce seperti tokped, bukalapak, itemku, ketika kita sudah melakukan pembayaran maka status transaksinya berubah misal "sudah lunas/paid". Contohnya, ketika beli pulsa / voucher game online, pembayaran berhasil maka kode voucher / pulsanya otomatis terkirim dan status di database terupdate. Yg mau saya tanyakan apa itu menggunakan semacam cron job (scheduler)? Jadi ada fungsi yg ter-trigger ketika ada transaksi yg berhasil, didatabase langsung auto update tanpa harus klak-klik atau konfirmasi terlebih dahulu.

Mohon bantuannya ya.

Terima kasih.

'om hilman bantu dong hehehe

avatar sonypiay
@sonypiay

12 Kontribusi 8 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Menurut saya tidak autoupdate, langsung aja eksekusi status pembayarannya.

avatar mrizkiromdoni
@mrizkiromdoni

78 Kontribusi 26 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Tanggapan

maksud saya itu ketika ada pembayaran yg berhasil, status pesanannya bisa berubah tanpa klik2 button. contoh yg sering dilakukan itu ketika mau beli pulsa misal pake ovo atau dana, ketika pembayaran berhasil, pulsa auto terkirim.

untuk payment transaction tidak bisa otomatis update bila kita tidak menggunakan service dari payment merchant, ada juga yang berkarya dengan mengubah mutasi bank menjadi sebuah konfirmasi auto payment yang akan memudahkan pembeli, namun itu akan terkena OJK karena harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

saran saya adalah

gunakan paymen merchant

  • cekmutasi.co.id
  • midtrans.co.id

dan masih banyak yang lain

avatar maszgalang
@maszgalang

297 Kontribusi 80 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Tanggapan

bukan itu maksud saya mas, maksud saya gimana caranya ketika ada pembayaran yg berhasil, bisa auto update di dbnya tanpa harus klik button dsb? ini saya pakai midtrans udah running well.

bukan auto update di midtransnya ya, tapi di database saya. gitu

jadi ketika ada pembayaran yg berhasil, fungsi updatenya ketrigger..

contoh yg sering dilakukan itu ketika mau beli pulsa misal pake ovo atau dana, ketika ada pembayaran yg berhasil, pulsa auto terkirim ke handphone. apa itu menggunakan semacam cron job / scheduler?

Kalau kamu sudah mencoba salah satu yang disebutkan di atas, ada namanya callback midtrans akan menotifikasi sistem kamu automatis. Nanti kamu membuat program biasa saat ada request masuk, terserah kamu datanya mau diapain, mau berhubungan sama database atau tidak bebas

up betul kata bang hilman, akan ada callback yang nantinya bisa kamu buat proses perubahan data ketika ada data masuk

Jawaban Terpilih

pake supervisor

avatar sonypiay
@sonypiay

12 Kontribusi 8 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban