Apakah sudah pantas melamar pekerjaan sebagai programmer?

Hallo semua. Sebelumnya, saya mau ucapkan terima kasih ke sekolah koding yg bantu saya (background pendidikan saya bukan IT) memulai langkah belajar bikin web.

Selama ini, saya belajar laravel. Tp sebenernya saya masih ga begitu paham konsep OOP, tp kl alur kerja laravel lumayan paham. Krna saya akhirnya bisa bikin tryout online, rapor siswa bimbel, dan undangan online (iseng aja).

Di beberapa forum pasti slalu ada yg bilang belajar php dasar dulu baru framework.

Cara belajar saya agak aneh, pertama saya pelajari salah satu aplikasi laravel, misalnya sistem komentar. Dari situ saya baru belajar, kapan pake tipe data integer, string, dll. Trus simpen dan nampilin text yg ada htmlnya (php dasar). Dan sebagainya.

Sempet kepikiran mau lamar kerja jd programmer. Tp berdasarkan pengalaman di tempat kerja saya yg lama. Pelamar programmer dites bikin program php yg ngurutin angka jadi segi tiga atau belah ketupat gitu. Itu php dasar tp sy ga paham.

Dengan kondisi seperti, apakah saya pantas jd programmer?

avatar irestuf
@irestuf

51 Kontribusi 3 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Menurut saya tinggal ambil waktu untuk belajar dasar-dasar PHP lagi, engga akan sulit kok apalagi sudah bisa menggunakan framework PHP. Cobain aja langsung lamar kerja jadi programmer, kalau soal test angka itu bisa menggunakan fungsi for di dalam for.

avatar bayubimantarar
@bayubimantarar

3 Kontribusi 0 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

pantas kok hanya aja terkadang perekrut kerja punya kualifikasi tersendiri. tes program php yang ngurutin angka mungkin lebih tepatnya ke logika algoritmanya. kita mau buat aplikasi pasti mikirin pemecahan masalahnya juga kan. Kaya kondisi agan buat aplikasi tryout online, pasti disitu ada hasil nilai tes secara ga langsung agan juga udah mikirin algoritmanya biar dapet nilai hasil akhir. logika mesti kuat gan, karena buat program bukan sulap, tapi mesti bagaimana cara mecahin masalahnya biar si sistem sesuai apa yang kita mau. jadi tipsnya kuatin algoritmanya, mau ga mau ngelamar ke bidang programmer ya di tes pemrograman. kecuali kalo agan punya kenalan di forum terus nyari tim kerja, dll bisa deh lampirin portfolio yang pernah agan buat, karena kalo udah kenal biasanya tingkat kepercayaan lebih tinggi. semangat gan lebih keren agan daripada banyak yang jurusan TI ujung2nya mangkir dari dunia pemrograman. hehe

avatar ranialmonk
@ranialmonk

42 Kontribusi 11 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

kalau saya anjurkan sih mulai dulu dari basic gan... walaupun agan lompat langsung ke laravel, mungkin agan bisa pake fungsi2 nya, tapi mungkin agan belum tahu proses di balik fungsi2 tersebut, kenapa bisa begitu, dll... dan mungkin ketika pindah memakai framework lain sepertinya sulit. kalau sudah ada basic, mau pake framework apapun pasti belajarnya cepat, karena sudah punya gambaran apa yang sebenarnya terjadi di dalam fungsi2 tsb. jadi agan mengerti dan paham, bukan hanya menghafal fungsi2/kode2 nya...

avatar denifelixe
@denifelixe

4 Kontribusi 1 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban