Apakah button bisa dibuat hanya dengan PHP?

Dosen saya menguji mahasiswanya utk membuat kalkulator dengan PHP, dan dia minta semenarik mungkin, setelah saya cari-cari di website, tidak ada kalkulator menggunakan PHP yang tampilannya menarik seperti kalkulator jika dibuat dgn HTML (full button). Jadi pertanyaannya, apakah harus menggabungkan PHP dan HTML agar kalkulator menarik atau PHP memang hanya sbg serverside jadi tidak bisa membuat tampilan menarik? (abaikan css ya)

avatar gemakandora
@gemakandora

2 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

3 Jawaban:

Jawaban Terpilih

Halo mungkin mas bingung ya...

Kita kembalikan definisi PHP dan HTML dulu ya:

  1. PHP bisa disebut juga Hypertext Preporcessor, ini merupakan bahsa pemrograman yang bekerja pada sisi server (server side), ringkasnya ini boleh juga disebut bagian fungsional saja (tidak ada sesuatu yang bisa dilihat melalui browser);

  2. HTML bisa disebut juga Hypertext Markup Language, ini merupakan baris kode yang menjelaskan / mendeskripsikan pada suatu browser / HTML reader akan berbentuk dan terlihat seperti apa, kadang digabung juga dengan CSS dan JS untuk memperindahnya.

PHP = Back-End HTML = Front-End

Jadi kalau mas ingin membuat kalkulator dengan PHP (saja) dan bisa di klik tombol-tombolnya, maka ini mustahil ada. Sehingga dia harus ditambahkan kode HTML.

Kalau saya menuliskan kode seperti ini:

<pre> &lt;?php echo '&lt;button&gt; ini button &lt;/button&gt;'; ?&gt; </pre>

Maka saya sebut baris kode diatas merupakan kode PHP yang menghasilkan output HTML berupa tag button.

Jadi PHP ini hanya serverside.

Mas bisa membuat kalkulator dengan HTML saja tanpa CSS, misal menggunakan tag table. Atau, buat saja CSS inline. karena tag html menerima attribute style. :=)

avatar tompradana
@tompradana

134 Kontribusi 95 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

wah makasih mas, berarti bener dugaan saya, dosen hanya mengetes agar mahasiswanya mau mencari dan bisa menjelaskan alasannya, sekali lagi terima kasih mas..

avatar gemakandora
@gemakandora

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Hehe iya betul mas, jadi dengan PHP ini mas bisa membuat output berupa HTML bahkan CSS nya sekalian. Selamat mengerjakan tugas kuliahnya.

avatar tompradana
@tompradana

134 Kontribusi 95 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban