Apa yg dimaksud code splitting dan chunks pada javascript?

saya masih bingung dengan istilah/konsep yang sudah saya sebutkan diatass itu(Code Splitting dan Chunks), apa ada temen2 disini yg bisa kasih gambaran buat saya yg lagi bljrr ini

avatar azman12
@azman12

3 Kontribusi 1 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

1 Jawaban:

Jawaban Terpilih

Bisa <a href='https://developers.google.com/web/fundamentals/performance/optimizing-javascript/code-splitting'>refrensi optimizing javascript ke sini</a> Idenya selama ini kita menulis javascript di satu file, kadang bagian kode javascriptnya hanya dipakai sebagian di halaman tertentu tapi kita satukan semua, akhirnya file javascriptnya jadi besar, yang berimbas ke ngeload javascript makan waktu setiap halaman padahal tidak semua kodenya terpakai dan sulit untuk di kelola (karena jadi panjang satu file).

Idenya code splitting di javascript adalah kita membagi setiap javascriptnya sesuai dengan kebutuhan file tersebut, bentuknya bisa di satu file html nya langsung, atau menggunakan teknik @import di javascript (ada di refrensi link di atas).

Sebagai programmer kita lebih gampang mencari kode js yang berkaitan dengan halaman itu. Sebagai pengguna jadi lebih cepat load halamannya (karena hanya kode yang dibutuhkan saja)

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Tanggapan

Terima kasih kang hilman

Login untuk ikut Jawaban