Apa yang kamu harapkan dari programing?

Saya banyak menjumpai pertanyaan-pertanyaan seputar ini. Dan banyak diantaranya menjawab bahwa dengan programing mereka ingin: menjadi sukses, pengen jadi programmer, kaya raya banyak uang, menghasilkan produk yang bermanfaat, bikin produk yang mendunia (new big things kayak Facebook, Google, dll), atau bahkan ingin merubah dunia dengan programing. Ada juga sebagian yang menjawab karena cuma pengen keren, terlihat jago, atau hanya sekedar hobi.

Saya mau tanya dari member-member Sekolah Koding yang saya yakin semuanya baik hati dan punya impian yang besar. Saya mau memastikan kembali tentang apa yang selama ini saya pahami seputar programing dari banyak orang-orang hebat yang pernah saya temui.

Saya ga ada maksud menjudge para programmer atau calon programmer, ga ada maksud mengendurkan semangat, santai aja, slow, saya juga sekarang kerja Programmer kok. Utarakan aja pendapat kalian tentang apa yang mau kalian lakuin dengan programming. Tetep ngoding dan semangat.

Gini: Apa yang kamu harapkan dengan kamu bisa programming? Kamu mau ngapain dengan programming? Tujuan mu apa? Kamu mau jadi programmer? Kamu mau kaya raya? Padahal kamu tahu kalau faktanya dilapangan Programmer itu seperti kuli bangunan. Mereka yang sukses di dunia IT bukan karna skill programming nya (meskipun dia jago kaya Mark Z), tapi karna skill bisnisnya. Tanpa bisnis, kita ga akan bisa berhasil meski jago ngoding. Jadi jangan bermimpi kamu bakal jadi jutawan hidup enak ketika udah jadi Programmer. Kamu mau bikin produk? Mengubah dunia? Apa rencanamu untuk mewujudkannya? Padahal kamu tahu kalau Programmer harus siap dengan kerja keras, pola hidup ga teratur, masa depan ga jelas(bakal ngerasa kalau udah ngerasain pait asemnya Programmer), dan dianggap ga punya perasaan. Mau jadi CEO? Yang selama ini kamu bayangkan CEO itu enak, nyantai, nyaman. Padahal, tingkat kerja keras dan pahitnya hidup justru lebih hebat dirasakan oleh CEO. Udah siap menanggung semua itu? Kalau ga mau susah, ga mau kerja keras, ga mau nerima kenyataan pait, saya sarankan jangan jadi Programmer.

Gimana menurut kalian? Kira-kira apa yang bakal kalian lakuin untuk masa depan programming kalian? Oh iya, dan tolong jangan jadikan Bill Gates & kawan-kawan sebagai pembelaan kesuksesan Programmer. Pembelaan kesuksesan cuman satu, yaitu action kalian.

Jangan kehilangan semangat ya. Keep ngoding bro.

avatar dalikewara
@dalikewara

351 Kontribusi 260 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

7 Jawaban:

cita2 saya sih ingin semangat terus ngoding gan, pengen ngilangin males nya :V karena yang susah ngilangin malesnya :V

ijin menambahkan : mungkin saya atau kita semua hanya melihat para pendahulu sukses begini begitu dan banyak uang, tapi kita melupakan proses / jalan yang dilakukan para pendahulu.. maka dari itu bukan hasil yang di lihat tapi proses yang bagaimana yang kita lakukan, insya allah jika pada saat proses kita sungguh2 hasil tidak akan melenceng .. kalau melenceng beli kaca :V

avatar sukmaw
@sukmaw

340 Kontribusi 75 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Bismillah, terima kasih mas tulisannya, membuat saya semakin sadar bahwa saya harus lebih banyak action lagi lebih produktif lagi.

Pertama yang saya harapkan dengan bisa programming saya bisa memberi perubahan menjadi lebih lagi untuk masyarakat melalui programming, saya menginginkan pekerjaan melalui programming karena itu sudah menjadi kebiasaan dan kesukaan saya yang kalau saya berpindah ke bidang lain saya tidak yakin saya bisa menjadi ahli dibidang tersebut.

Pertanyaannya banyak sekali ya, belum bisa saya jawab saya seluruhnya.

Terimakasih. :)

avatar hardzal
@hardzal

15 Kontribusi 1 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Bismillah.., yang saya harapkan belajar programming adalah setidaknya saya bisa menjadi lebih baik lagi, lebih baik dari apa? bisa berguna untuk orang lain, membanggakan orang Tua, dll. jadi karyawan dulu tidak apa2 asal kita bisa mengambil manfaat nya. Sebenarnya kalau jadi Programmer bukan berarti emang harus jadi karyawan, contoh nya seperti yang sudah di sebutkan di kolom pertanyaan, cuman kalau kita emang belum siap, kita bisa belajar untuk jadi karyawan dulu. Semua ada Proses :) asal terus berusaha dan Berdo'a dan berpegang teguh pada Impian

avatar MasIzzudin
@MasIzzudin

9 Kontribusi 3 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Tentu langkahnya adalah menyelesaikan program yang dikerjakan... selama belum selesai... ya gak akan ada hasilnya... hehehehe... Tetap semangat... Facebook ada karena selesai dikerjakan... Bukalapak ada karena selesai dikerjakan... pokoknya... ketika selesai kamu akan tahu selanjutnya kemana... tentu programmu... untuk apa dulu... hanya untuk senang-senang atau ada manfaatnya bagi orang lain... itu saja... hehehehe... meski pemula... memang kita harus ekstra kerja keras... dan terus belajar... SEMANGAT...

avatar datrosumendong
@datrosumendong

201 Kontribusi 38 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Hasrat akan seninya pemrograman yg membuat ane seneng bwanget dan terhanyut, apalagi nemuin masalah atau error jd tambah greget dan klo dlu sih maen gems sekarang beranjak tua(umur hanyalah angka) jd seneng bgt ngoding tapi skup bisnisnya jg terbawa secara alamiah mungkin lingkungan tmn2 ane banyak bisnisnya di bidang ini ya itung2 ghair mahdah tp g ngarep bgt pengen kaya materi di bid ini krna itu sdh ada yg ngatur sekalipun aplikasi yg sdh jadi blon d lunasin jg ada pula baru stengah jadi ehh lancar jaya :)

avatar ocan
@ocan

2 Kontribusi 2 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Kalo ane sih buat ngilangin stress. Rasanya hampir sama kaya pas main musik, sama2 terhanyut dan ngilangin stress haha. Ane baru aja dapet kerjaan di bidang ini(masih belom masuk kerja tapi), gak tau deh ntar di dunia kerjanya, bakalan ngilangin stress ato malah nambah stress wkwkwk

avatar armanrozika
@armanrozika

29 Kontribusi 23 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

seharusnya kita memiliki goal atau tujuan. Setelah kita menentukan apa tujuannya, kita bisa pecah-pecah goal tersebut menjadi lebih kecil lagi. Seperti apa yang sering disuarakan oleh bang Hilman, bahwa kita harus melalukan sesuatu yang dari hati dan bermanfaat. Apapun itu, goalnya harus bermanfaat. Bisa Koding adalah goal kecil, yang akhirnya menjadi tools untuk mencapai goal yang lebih besar.

avatar timelord
@timelord

140 Kontribusi 86 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban