Apa graphql sudah banyak digunakan?

Saya sedang belajar buat grapqhl di laravel, ada beberapa kendala yang saya bingung seperti menangani autentikasi dan pembuatan query. Terus apa graphql sekarang sudah banyak digunakan? Katanya dari segi waktu grapqhl lebih cpet dibuat daripada rest api biasa? Mohon pencerahannya teman2. Terima kasih.

avatar bayu98
@bayu98

1 Kontribusi 0 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Kalau untuk sebuah sistem kompleks, Graphql jauh lebih efektif dan efisien dibanding hanya menggunakan rest api.

Apakah graphql sudah banyak digunakan? sy belum tau. Yang bisa saya pastikan, tokopedia menggunakan graphql di mobile web nya.

avatar chaidiryahya
@chaidiryahya

139 Kontribusi 99 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Menurut saya ada benarnya dari segi waktu development graphql bisa lebih cepet dibanding rest api umumnya. Mungkin karena rest api perlu masing2 endpoint untuk ngasih data, sedangkan graphql hanya butuh satu endpoint saja dan fleksibel digunakan oleh sisi client. Kalau banyak digunakan atau tidak, dari yang saya baca disini <a href=' https://medium.com/@zeihanaulia/kenapa-graphql-2445a84a2140 '> https://medium.com/@zeihanaulia/kenapa-graphql-2445a84a2140 </a> sepertinya graphql akan ramai digunakan. Barangkali butuh referensi tambahan, disini ada tutorial indonesia buat graphql pake laravel: <a href=' https://pintaar.com/course/c/56 '>Course</a> . Koreksi bila salah, terima kasih.

avatar ulul
@ulul

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 4 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban