Adakah yang Pernah Membuat Single Sign On (SSO) Dengan Codeigniter?

Saat ini saya mengelola beberapa aplikasi yang berbeda dengan manajemen user yang dipusatkan pada satu aplikasi saja. Saya baru membuat REST API di sistem utama untuk melakukan autentikasi user, lalu API tersebut digunakan oleh aplikasi lainnya untuk proses login ke masing-masing aplikasi, jadi satu akun untuk mengakses beberapa aplikasi.

Nah dengan cara ini memang saudah berjalan, hanya saja ketika user sudah login ke satu aplikasi lalau hendak mengakses aplikai lainnya maka user harus melakukan proses login lagi, karena meskipun sudah menggunakan satu akun tetapi setiap aplikasi mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga masih perlu login kembali.

Pertanyaannya, bagaimanakah caranya supaya user cukup login ke salah satu aplikasi lalu otomatis aplikasi yang lainnya sudah bisa diakses tanpa perlu login lagi? (Seperti SSO Google) Saya udah coba menyamaka validasi session untuk stiap aplikasi tetapi masih belum berhasil.

Oh iya, saya menggunakan library Rest Server Codeigniter untuk membuat API nya: https://github.com/chriskacerguis/codeigniter-restserver

avatar ruswan
@ruswan

31 Kontribusi 21 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

2 Jawaban:

Belum ada yg pernah nemu kasus seperti ini ya? :)

avatar ruswan
@ruswan

31 Kontribusi 21 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Coba SAML.

http://workshop.openthinklabs.com/resources/programming-language/web-development/web-application-framework/codeigniter-2-bootcamp/faq/single-sign-on-sso-di-codeigniter-dengan-saml-implementasi-simplesaml-bagaimana-caranya

avatar hlmyhlm
@hlmyhlm

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban