Halaman Admin

Selamat malam teman2 SK. Saya mau tanya, saat saya sudah melakukan login, dan masuk ke halaman admin, bagaimana ya agar file login tersebut tidak bisa diakses lagi, melainkan harus logout dulu.

Oh ya, satu lagi, misal saya login sebagai bukan admin, maka ada batasan akses menu-menu dalam halaman admin tersebut. Tks.

Kira2, kalau saya cari di google, keywordnya apa ya? Heheuheu.

avatar difan
@difan

43 Kontribusi 9 Poin

Diperbarui 8 tahun yang lalu

5 Jawaban:

Di sini pentingnya mengetahui Session ( http://www.sekolahkoding.com/kelas/video/Belajar-PHP-dari-dasar/25). Jadi logikanya. Saat agan sudah login, otomatis Session dengan value (contoh value = admin) diaktifkan. Selama Session ini aktif, browser agan akan mengenali agan sebagai admin. Untuk file login, setting agar hanya bisa dibuka selama Session tidak aktif dan kemudian bisa juga disetting agar pagenya redirect ke halaman lain contohnya halaman logout. Ringkasnya, agan bisa set dgn Session agar file2 tertentu hanya bisa diakses oleh Session dgn value tertentu juga cthnya admin.

avatar cescgie
@cescgie

105 Kontribusi 5 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

1.Baris pertama kurang paham gan "...masuk ke halaman admin, bagaimana ya agar file login tersebut tidak bisa diakses lagi, melainkan harus logout dulu" maksudnya file login tidak bisa diakses lagi? bukannya kondisinya lago login ceritanya?

2. Untuk status dia admin atau user biasa, di database kita bisa pasang kolom extra untuk user, misalnya kolom 'status' isinya antara 0 atau 1, dimana kalau 0 artinya admin, kalau 1 artinya user biasa Nanti kalo ceritanya udah login, kita check:

if($user['status'] == 1) echo 'cuman admin'

Jadi kalo yang 0 ngga akan liat text 'cuman admin'

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

Jawaban Terpilih

1. Begini loh mas @hilmanrdn, saya kan sudah login melalu file login.html, dan masuk ke admin.php. Nah, file login.html tadi nggak bisa diakses lagi, sebelum dia logout. Kalo akses file login.html, maka redirect ke admin.php. Tks

2. "Jadi kalo yang 0 ngga akan liat text 'cuman admin'", Nah, terus yang 0 itu saat masuk, isinya apa dong mas?

avatar difan
@difan

43 Kontribusi 9 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

1. Bener kata cescgie, jadinya pake session, istilahnya -memori- di browser, jadi dia tahu orangnya lagi login apa ngga. 2. Terserah agan, apa yang mau ditampilin kalo admin atau user biasa. Idenya yang jelas pake syarat if tadi. Kalo cuman mau hal tertentu aja yang ditampilin pas admin.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

Hmm, jadi ada dua file ya mas @hilmanrdn ? Kira2 ada opsi lain ngga ya? Tks.

mas @Saputro, terima kasih ya? Hehuhue

avatar difan
@difan

43 Kontribusi 9 Poin

Dipost 8 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban