8 Tahapan Membuat Website dari Nol

Hi temen-temen sekolah koding...

Saya akan coba share bagaimana tahapan membuat website dari nol, artikel ini saya tujukan khususnya buat pemula bagaimana sih cara membuat website.

Baik langsung saja ya teman2, Tahapannya adalah :

1. Identifikasi Kebutuhan

Point ini sangat penting, ibarat mau keluar rumah kita perlu tahu dulu kita mau kemana, ibarat membuat sebuah rumah kita harus tahu dulu kita mau seperti apa, 2 kamar tidur 1 kamar mandi ada ruang dapur , misal begitu. sama halnya kita membuat website, kita corat coret dulu apa kebutuhannya, bila website itu untuk kita pakai sendiri mudah tinggal tanya diri kita sendiri, merenung…..sambil tangan mencorat coret kertas….

Bila kita membuatkan untuk orang lain, tanya apa kebutuhannya, apa saja menu2 nya, fitur2nya Bila kita sebagai konsultan dan mereka klien jangan lupa kita perlu ada tanda tangan mereka agar tidak mudah merubah atau menambah di tengah jalan. Merubah atau menambah boleh tapi nanti setelah selesai dan dengan perjanjian baru.

Identifikasi juga desainnya mau seperti apa , misal background putih , maunya yang simple dan lain sebagainya. kenapa demikian ? biar jangan sampai kita salah dan kerja dua kali

2. Membuat Desain

Setelah kita tahu kebutuhannya apa, kita desain websitenya. Kalau kita bisa desain syukur tinggal kita mainkan imajinasi dan kreativitas kita. Tapi kalau kreativitas nya pas-pasan lebih baik pakai jasa desainer. punya teman yang bisa desain hubungi teman. itu kenapa pentingnya relasi di sini , ngga ada yang superman….yang ada superteam #hayah..

Kalau kita bisa desain, buatlah di photoshop dulu. jangan lupa kasih watermark saat menunjukkan ke klien. setelah oke barulah convert ke html…gampang ko belajar html , banyak situs belajar html diantaranya w3schools.com

3. Membuat Database

selanjutnya buat database, Database apa sih? Database itu tempat penyimpanan data. seperti lemari tempat penyimpanan baju. Kan kita ngga mau kan content website itu itu…aja..kita pingin ganti2 sering update, nah itu kenapa butuh database buat masukin updatenya.

Database Populer ya ngga lain MySQL. gampang ko, apalagi ada phpmyadmin. tinggal klak klik

4. Programming atau Coding

Nah ini bagian terlama dan terberat. membuat programnya biar bisa jalan. coding ini berat, harus ngetik baris demi baris satu persatu. meski memakai framework tetap saja ada bagian yang harus kita ketik codingnya. Tidak ada jalan pintas kalau soal programming. Belajar programming butuh kesabaran karena memang jalan yang panjang….

Nah kalau sudah bisa coding cepet dah codingnya…

Coding buat apa sih? Coding itu buat memanggil data di database. Tadi kan sudah dibahas kita punya data di database. nah buat tampil kan perlu dipanggil, nah manggilnya itu memakai bahasa pemrograman. nanti menampilkannya pakai html. coding tidak kelihatan dari luar. di klik view source di website juga tidak kelihatan. sedih ya sudah berdarah2 coding bela2in coding rapi ngga kelihatan. tapi ngga apa2... coding itu ibarat jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh website #tssaaaah

5. Pesan Domain dan Hosting

Setelah coding jadi nah tinggal pesen domain dan hosting.

Apa sih Domain dan Hosting

Apa itu Domain

kalau kita punya rumah kita butuh alamat rumahnya, Jalan apa RT/RW No rumah berapa , tujuannya biar kalau orang nyari rumah kita mudah ketemu Nah seperti itulah domain. Domain adalah alamat url website misal sekolahkoding.com

Apa itu Hosting

Bila kita membangun rumah kita butuh tanah untuk bangunan rumah kita , bener ngga Itulah hosting , space disk yang kita butuhkan buat membangun website kita Kalau tanah ukuran luasnya meter. berapa meter persegi, maka kalau hosting berapa Giga atau berapa Mega Jadi paham ya Domain Hosting Untuk mempunyai Domain dan Hosting kita perlu membeli dari yang menjual jasa domain hosting ada banyak, googling keluar banyak. hanya saja pilihlah yang support nya bagus dan cepat.

Saat kita sudah membeli Domain Hosting kita akan diberi Cpanel buat mengelola domain hosting kita.

6. Upload ke Hosting

Setelah hosting siap maka upload program yang sudah kita buat. Cara uploadnya memakai bisa FTP atau langsung dari Cpanel. Ada banyak pilihan FTP yang terkenal ialah FileZilla.

Yeee.. setelah diupload website kita akan online. bisa dilihat siapa saja dan dimana saja

7. Mainkan SEO

Pingin ngga sih website yang kita buat capek2 bisa keluar di google no 1, pingin kan pasti, keren soalnya Nah ilmu itu namanya SEO , Search Engine Optimization, atau pengoptimalkan website di mesin pencari. Bagaimana caranya orang nyari informasi yang keluar di halaman pertama kita, keren kan.

Bisa kita beli buku SEO atau baca artikel SEO, pelajari dan terapkan bertahap. SEO ada onpage ada offpage , onpage artinya kita optimalkan yang ada di website , misal dari penggunaan tag

, title web, kemudian gunakan dan maksimalkan meta. terutama meta description, buat tiap halaman menjadi unik, tiap article beda meta description nya. selain meta description , maksimalkan juga meta yang lain. khusus untuk meta keywoard menurut google sudah usang. sedangkan offpage kita maksimalkan unsur luar website , contoh memperbanyak backlink, semakin banyak link yang ke website kita maka akan semakin bagus. Oh iya omong2 soal SEO pemilihan nama domain di atas juga sangat pengaruh di SEO, contoh nama domain konsultankeuangan.com akan mudah dicari google saat pengunjung mengetik konsultan keuangan , diantaranya lagi hindari tanda strip (-) , contoh : konsultan-keuangan.com , mesin pencari akan mendahulukan yang tanpa strip bila SEO nya sama2 kuat. Dan yang paling penting, update konten secara berkala. sebab google senang bila ada website dengan konten yang update. Menandakan website nya hidup, juga google lebih senang konten artikel nya dibuat sendiri daripada copy paste. kalau kata google sendiri, jangan terlalu ambisi untuk menjadi nomor satu di google yang kemudian menghalalkan segala cara , google akan tahu itu, namun lakukanlah hal yang berkelas buatlah konten yang berkualitas , jika konten kita berkualitas dan selalu update pengunjung akan datang dengan sendirinya. Tanpa diminta peringkat kita akan naik di google. oke ya… 8. Perhatikan Security nya Yang terakhir perhatikan security. ibarat rumah bisa jadi ada maling masuk atau bisa jadi ada yang sekedar iseng corat coret tembok, solusinya ya diberi keamanaan. misal rumah diberi pagar atau teralis biar anak kecil tidak sembarangan masuk, wah ternyata masih bisa manjat, beri keamanan lebih , misal pagar dikasih listrik, pasang cctv. Apa tujuannya , ya biar rumah aman. Sama seperti website , website kita bisa jadi tidak aman, kemasukan spam, kemasukan maling data, iseng ubah halaman website, dsb Caranya ya diberi security, pelajari ilmu security . Kita mulai terapkan dari SQL Injection, biar tidak mudah ditembus SQL kita, kita waspadai XSS biar code kita tidak diinject , kita kasih filter file upload kita, kita off kan register global, kita validasi input dari user, dsb. Segudang ilmu security web harus kita pelajari dan kita terapkan agar web kita aman. Sayang kan kita sudah buat capek2 rumah kita , namun ternyata dirusak oleh orang. sayang kita sudah capek2 buat web kita, namun ternyata data penting kita diobrak abrik sama orang. Ngga mau kan rumah kita yang bagus dicorat coret sama anak kecil yang iseng, malu kita sama tamu Ngga mau kan web kita yang bagus jadi bahan tertawaan karena halaman depannya diubah gambar pinokio sama orang yang iseng, malu sama pengunjung web kita. Nah makanya belajar ilmu security, beneran ini penting. Yap Demikian ya teman2 sekolah koding Langkah2 untuk membuat website dari Nol, semoga bermanfaat.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Diperbarui 6 tahun yang lalu

Tanggapan

Pengen punya website jual tiket kapal...darpada pusing coding HTML CSS..mending beli jadi...saya tinggal input jadwal kapal...pembaca website pilih jadwal dan pesan...bayar...ada yg bisa bantu???..dan kira2 berapa biayanya??

20 Jawaban:

Mancap

avatar Akrin
@Akrin

6 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Tapi kok cuma 3?

avatar Akrin
@Akrin

6 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Krennzzz

avatar gunthegunthe2
@gunthegunthe2

3 Kontribusi 1 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@Akrin maaf ternyata ada yang nyangkut waktu copy paste dari tulisan saya. sekarang sudah saya lengkapin terima kasih info nya ya Akrin

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

untuk yang nomor 6, kebetulan langkah 1 s.d. 5 sudah kelar hehe tapi pas upload semua pake filezilla ko ga kebaca ya? saya pake framework laravel apakah perlu setting di .env nya? mohon bantuannya hehe

avatar rahmanhp
@rahmanhp

14 Kontribusi 2 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@arieshavine Banyak faktor gan penyebabnya tergantung pesan error di filezilla nya, untuk lebih jelasnya karena ini technical buka forum aja gan copas pesan errornya nanti saya ikut comment di situ, nanti kan master yang lain bisa ikut jawab.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@mahrizal oalah oke deh hehe

avatar rahmanhp
@rahmanhp

14 Kontribusi 2 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@arieshavine Siip gan

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

Mantabbb

avatar BintangSP
@BintangSP

2 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

maaf, apakah aku boleh nanya ?

saya masih bingung tentang desain di html dan nyambugin ke database/php..

index.php apakah isinya sama dengan index.html ??

maturnuwun

avatar Alifabdullah24
@Alifabdullah24

22 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@AlifAbdullah24 Nanya boleh ko gan... untuk desain di html kita perlu belajar css gan, pelan2 referensi bagus diantaranya w3schools.com kita bisa mencoba langsung online, sedangkan untuk nyambungin ke database perlu koneksi, kalau kita pakai mysql maka kita perlu koneksikan mysqli_connect ,pakai pdo bisa cuma untuk level pemula saya sarankan mysqli_connect. Index.php apakah isinya sama dengan index.html? iya sama, file index artinya yang pertama kali ditampilkan. extensi .php menandakan dalam file tersebut bisa dimasukkan syntax php.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@mahrizal berarti kitabikin index.html,, kalo kita udah jadi dan mau masukin php.. kita ganti formatnya ke index.php ?

kalau emang itu jawabannya,, ane udah kagak bingung lagi gan..

ane pikir bikinnya itu langsung ke index.php

matursuwun

avatar Alifabdullah24
@Alifabdullah24

22 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@Alifabdullah24 Bisa dibilang gitu gan, tapi kalau langsung index.php ngga apa2 juga gan meskipun ngga ada syntax php nya , tetep jalan meski isinya html semua. Kalau saya pribadi langsung bikin index.php gan mau isinya ada php nya atau ngga, buat menunjukkan ini adalah satu kesatuan project php.

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@mahrizal makasih gan atas pencerahannya

avatar Alifabdullah24
@Alifabdullah24

22 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

@Alifabdullah24 Sama2 gan

avatar mahrizal
@mahrizal

16 Kontribusi 49 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

maaf bang @mahrizal, saya butuh pencerahan lagi ni bang.. saya dulu kan pernah mengelola blog berbasis blogger, nah disitu kan ada fitur kategori, untuk menampilkannya tinggal ketik alamat kategori tersebut dan semua post yang ada akan muncul.

kayak gini maksudnya

nah, pertanyaan saya, bagaimana cara membuat hal seperti itu pada web kita sendiri ???

avatar Alifabdullah24
@Alifabdullah24

22 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

maaf mau tanya apakah tahapan perancangan dengan UML/DFD tidak di perlukan?

makasih

avatar rohmanie55
@rohmanie55

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

wah, menarik gan. trims

avatar akbarhday
@akbarhday

26 Kontribusi 8 Poin

Dipost 7 tahun yang lalu

cara dapetin backlink yang 4 sehat 5 sempurna bagaimana ya Thanks idekadomini.wordpress.com

avatar idekadomini
@idekadomini

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

terima kasih banyak mas. saya sekarang sedang membuat web portofolio, dari design udah lumayan tp masalahnya saya kebingungan menu apa saja yg akan saya buat karena saya ngga identifikasi terlebih dahulu kebutuhan saya pada web tersebut yang hanya menghasilkan cuma 1 tampilan saja. sekarang setelah membaca ini, saya jadi paham step by step dalam pembuatan website.

avatar fauzan264
@fauzan264

1 Kontribusi 0 Poin

Dipost 6 tahun yang lalu

Login untuk ikut Jawaban