Tips mulai belajar programming

Kamu memutuskan untuk mulai belajar programming? atau masih iseng-iseng mencoba? mana pun jalur yang kamu pilih, mengetahui cara belajar yang pas buat kamu tetaplah penting


[[table-content]]


Mengetahui apa tujuan akhir kamu

Kalau kamu belajar programming hanya karena ikut-ikutan atau terlanjur salah masuk jurusan.. akan sulit untuk mempertahankan semangat belajar. Sebaliknya, kalau kamu tahu apa tujuan akhir kamu, akan sangat membantu.


Bisa jadi tujuan akhir kamu agar bisa bekerja di perusahaan besar dan mendapat gaji yang banyak atau bisa jadi tujuan kamu ingin membuat sebuah aplikasi yang bisa membantu kehidupan orang lain.


Dengan punya dan percaya dengan apa yang menjadi akhir perjalananmu, selamat belajar kamu tidak akan mudah menyerah.



Mencari sumber belajar

Ada banyak pilihan sumber belajar. Kalau kamu suka belajar berbasis tulisan, sudah ada. Suka berbasis video? juga sudah ada. Mau belajar langsung tatap muka? ini juga banyak.


Coba lebih aktif untuk mencari sumber belajar. Kamu akan menemukan banyak pilihan. Jika kamu suka dan bisa belajar sendiri, kamu bisa memanfaatkan video video seperti dari sekolahkoding atau channel channel lain di youtube, untuk menemani kamu belajar dari nol. Di sekolahkoding sendiri, kami membuat track belajar untuk yang bingung mulai dari mana


Kalau kamu hanya bisa jika tatap muka langung, coba google dengan keyword "bootcamp koding indonesia" sudah ada beberapa di kota-kota besar. Normalnya memang akan membayar mahal di awal atau akhir, tapi manapun yang kamu pilih akan selalu ada pengorbanan.


Sumber belajar apa yang terbaik? yang terbaik adalah yang cocok untuk kamu dan kamu pakai. Jadi jangan takut mencoba dan jangan terlalu lama membanding-banding sampai tujuan belajarnya tidak jadi.


Memperbaiki bahasa Inggris

Salah satu investasi penting untuk diri kamu sendiri adalah belajar bahasa Inggris, mau kamu jadi programmer atau tidak. Dengan adanya internet, ada banyak ilmu yang bisa kita konsumsi dengan cakap bahasa inggris. Normalnya, sampai pada level "pasif" atau bisa membaca/menonton bahasa inggris sudah bagus.


Kamu akan memerlukannya untuk membaca dokumentasi atau belajar dari artikel berbahasa inggris/ video youtube. Karena saat ini memang dokumentasi programming dalam bahasa Indonesia masih kurang. Coba baca artikel dari Mas Oon seputar hal ini


Lebih diuntungkan lagi kalau kamu bisa berdiskusi. Karena akan ada banyak orang di internet yang punya passion yang sama dengan kamu, bisa saling berbagi, bertanya, tanpa ada batasan.


Bikin! bukan cuma konsumsi

Sambil kamu belajar, jangan lupa bikin sesuatu. Tidak cukup hanya membaca atau menonton. Kamu perlu mulai berpikir dan mempraktekkan apa yang kamu tahu. Bisa mulai dari membuat hal-hal kecil. Tidak perlu langsung dijual atau menjadi produk yang dipakai orang.


Tujuan membuat sesuatu di awal, untuk membantu kamu belajar. Belajar dengan praktek langsung akan membuka pikiran kamu. Kamu akan bertemu masalah demi masalah, yang tidak ditemukan jika hanya melihat tutorial.


Saat kamu bertemu masalah, kamu akan belajar bertanya. Awalnya hanya bertanya ke diri sendir, lama kelamaan, kamu akan bertanya ke teman, mencari komunitas, mencari sumber jawaban di internet, dan hal hal lainnya yang membantu kamu.


Sabar, tidak ada yang instan

Belajar apapun tidak ada yang mudah. Kamu akan bertemu masalah. Jadi harus sabar, jangan mau instan. Sering ada buku "menjadi programmer dalam sehari", tentu menarik mendapatkan sesuatu dengan instan.


Tapi sesuatu yang instan didapat, normalnya akan lenyap juga dengan instan. Tentu tidak akan ada yang lebih hebat dari yang lain kalau semuanya bisa didapatkan dengan mudah.


Tanamkan kalau belajar programming memang tidak mudah, tapi kamu yang akan merasakan hasilnya nanti




tips-dan-trik belajar
avatar hilmanski

Ditulis oleh @hilmanski

"luaskan ilmu & luaskan manfaat"