Skill menyelesaikan masalah

Konon katanya salah satu tujuan programmer diciptakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di muka bumi ini. Skill untuk menyelesaikan masalah perlu

Konon katanya salah satu tujuan programmer diciptakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di muka bumi ini.

Skill untuk menyelesaikan masalah perlu terus dilatih, sama seperti ketika kamu mau jago main bola, ngga ada cara lain selain bermain bola, bukan hanya dengan menonton video tutorial bagaimana bermain bola. Cara terbaik untuk melatih skill ini dengan terbiasa menyelesaikan masalah.

Saya masih ingat, tugas-tugas awal di programming, membuat fungsi untuk menebak bilangan itu ganjil atau genap, atau menghubah angka suhu dari celcius ke fahrenheit misalnya. Hal-hal dasar yang akan melatih “otot “ menyelesaikan masalah kita.

Gabungkan dengan teknik “berpikir garis besar” sebelumnya, tahu persis masalah apa yang mau diselesaikan, seperti apa penyelesaiannya di bahasa manusia dan menerjemahkannya ke bahasa program.

Contoh latihan yang bisa kamu lakukan, jika kamu tinggal di kos-kosan, bayangkan kamu harus membuat sistem daftar pembayaran bulanan mahasiswa di kos ini. Gimana kamu akan merancang databasenya? gimana kamu akan membuat programnya untuk digunakan oleh pemilik kos nanti. Masalah yang ada di dunia nyata, pikirikan dan terjemahkan ke kode yang kamu tulis.

Jangan hanya berhayal dan keliling mencari lowongan kerja, berharap suatu hari nanti akan praktek di tempat kerja, praktek sekarang dan pekerjaan akan datang.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban