Ngobrol bareng Chaidir Yahya

Pertama kali ketemu Om Chaidir Yahya(om sapaan, bukan karena om-om, masih muda), di cafe milik salah satu teman, disana kenalan, dan ternyata Om Chaid

Pertama kali ketemu Om Chaidir Yahya(om sapaan, bukan karena om-om, masih muda), di cafe milik salah satu teman, disana kenalan, dan ternyata Om Chaidir belajar di sekolahkoding, saya selalu senang setiap ketemu member sekolahkoding, bisa dapat feedback langsung dan mendengar cerita bagaimana sekolahkoding udah bantu karirnya. Sampai sekarang masih sering ketemu dan main bulutangkis bareng setiap weekend. Setelah sedikit dipaksa :D, Om Chaidir dengan senang hati bercerita dan mau share pengalamannya ke teman-teman lain.

> Halo Om! kesibukan sekarang apa nih Om?

Halo om hilman. Kesibukan sekarang lagi sibuk bantu sebuah perusahaan startup non digital Marhomy Indonesia (marhomy.id) milik teman yang lagi grow up. Selain itu sekarang lg ngerjain project Examination Management System milik yayasan Bina Arthika. Konsep webapp nya kurang lebih sama dengan ujian2 online pada umumnya, tapi webapp ini berfokus pada analisis hasil ujian. Sehingga hasil analisis nya tersebut digunakan sbg dasar utk memberikan perlakuan kepada siswa agar bisa mendongkrak kemampuan siswa di ujian selanjutnya

> Awal kenalan dunia koding kapan?

Wah, kalau awal ketemu dunia koding waktu SMA sejak 2007. Saat itu kenal koding karena asik ngeblog di blogspot terus doyan otak-atik template. Akhirnya otodidak bisa tahu koding dikit2. Cuman ya itu, ngak diseriusin. Cuma seru2an aja.

> Mulai serius di dunia koding kapan dan kenapa ?

Serius di dunia koding baru di setahun belakangan. Kenapa diseriusin, ya simple aja. Kalau lg ngoding, saya seperti merasa ini "gue banget". As simple as that..

> Apa hal yang luar biasa yang Om lihat di dunia koding ?

Jujur saja, saya orangnya rada indisipliner. Nah salah satu yang saya temukan di dunia koding, saya diwajibkan untuk bisa disiplin. Disiplin dalam menentukan apa yang akan dibuat hingga disiplin dalam mengetik code itu sendiri.

Pernah diawal-awal ngoding ngetiknya se enak jidat. Dengan dalih : 'lah, kan gue yang buat. Pasti bisa kebaca lah"

Begitu giliran nemuin bug/error tracingnya setengah mampus. Bingung sendiri baca kodenya. Mulai saat itu saya putuskan ngetiknya harus rapi & terstruktur (best practice) .

> Kapan mengenal sekolahkoding dan apa yang didapat disini:

Kenal sekolahkoding waktu itu ketika lg duduk2 ngumpul sama teman2 yang baru sj mengikuti hackaton. Beberapa lama setelah itu saya coba lihat-lihat tutorialnya dan saya suka dengan cara penyajian materinya. Logika pemahamannya dapat dengan saya. Akhirnya saya putuskan sekolahkoding menjadi tempat saya belajar.

Kalau dibilang dapat apa, saya dapat ilmu banyak dari sekolahkoding. Ngak cuma ilmu ngoding, Ilmu sabar juga salah satunya. Butuh kesabaran untuk bisa belajar secara runut one by one sampai kelasnya selesai.

> Pesan untuk sekolah koding:

Tetap berbagi untuk negeri, who knows ada coder handal yang lahir dari sekolahkoding dan bisa menciptakan hal yang bermanfaat untuk sesama. Dan satu lagi, semoga om hilman bisa married tahun ini. Aamiin :D

> Mantap ! Pesan untuk teman-teman yang sedang belajar di sekolahkoding?

Jangan pernah menyerah dalam belajar koding. kalau semangatnya kendor dalam belajar, banyakin berdoa sama tuhan, minta supaya diberikan semangat.

Trus, niatkan dari awal ilmu kita bisa berguna untuk sesama. Minimal untuk diri kita sendiri.

Satu lagi, untuk sesama teman2 programmer hargai ilmu yang teman-teman miliki ya. Jangan mau dibayar "tidak pantas" untuk mengerjakan sebuah project, bahkan ketika hanya sebuah pembuatan website menggunakan cms wordpress. Tetap semangat!

[update] saat ini Om Chaidir Yahya bekerja di Tokopedia! congrats!

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban