Menjaga kesehatan sebagai programmer

Gimana kalau kamu cuma boleh punya satu laptop seumur hidup? saya yakin laptopnya akan dirawat dengan baik. Dibersihkan, hati-hati dalam memasukkan pr

Gimana kalau kamu cuma boleh punya satu laptop seumur hidup? saya yakin laptopnya akan dirawat dengan baik. Dibersihkan, hati-hati dalam memasukkan program di dalam agar tidak terkena virus dan menjaga dengan aman di luar agar tidak rusak apalagi hilang. Mungkin kita akan punya lebih dari satu laptop selema hidup, tapi tidak dengan badan kita. Selama hidup kita hanya punya 1 badan ini.

Sayangnya kita ngga memperlakukan badan kita seperti barang yang mahal, seperti barang yang kita sayangi. Kita ngga peduli makanan yang masuk sehat atau ngga, belum lagi rokok, barang yang jelas-jelas di bungkusnya sendiri tertulis banyak potensi penyakit berbahaya.

Yang jatuh cinta dengan minuman hangat seperti kopi atau yang dingin seperti minuman bersoda akan lupa dengan pentingnya minum air putih yang cukup. Konsumsi minuman tadi secara berlebihan, efek pertamanya akan menjadi kebiasaan, kita jadi ngga bisa “ngoding” kalau ngga minum minuman tadi. Belum lagi berbicara masalah kesehatan organ tubuh kita.

“Mumpung masih muda” katanya, justru karena masih muda, ini waktunya kita untuk menjaga kesehatan dengan baik. Organ-organ yang kita dapatkan di dalam tubuh memang gratis, tapi apakah gratis berarti murah atau ngga berharga? Kebiasaan lainnya yang mengganggu kesehatan adalah terlalu banyak duduk, karena merasa pekerjaannya penting. Betul pekerjaan penting, tapi menjaga kesehatan juga penting. Jadwalkan rutin mengangkat pantat kamu dari kursi saat bekerja.

Salah satu teknik yang populer adalah teknik pomodoro. Dimana kita menyiapkan waktu 25 menit untuk fokus bekerja dan 5 menit beristirahat. Teknik ini diulang-ulang selama waktu yang dibutuhkan dalam sehari.

25 menit betul-betul untuk bekerja, bukan membuka laptop tapi bermain social media, lalu setelah 25 menit ini selesai HARUS beristirahat selama 5 menit. Keluar ruangan, mengatur nafas, minum air putih dan memberikan mata sedikit olahraga dari sinar layar. Setelah beristirahat silahkan kembali dengan pekerjaannya. Teknik ini juga cocok untuk belajar.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban