Mengikuti teknologi terbaru

Akan selalu datang teknologi baru, sebagai pelajar yang baik saya yakin kita mau nyobain semuanya, sayangnya waktu untuk bekerja dan belajar sering ti

Akan selalu datang teknologi baru, sebagai pelajar yang baik saya yakin kita mau nyobain semuanya, sayangnya waktu untuk bekerja dan belajar sering tidak bersahabat. Ini yang sering membuat dilema.

Pertanyaan yang muncul “gimana saya nyobain semuanya? waktunya ngga akan cukup!” betul sekali! waktunya ngga akan cukup dan berita baiknya, kamu ngga perlu nyobain semuanya. Jangan latah dengan yang terbaru, tapi yang bikin kamu produktif.

Bruce Lee pernah bilang (saya belum pernah dengar Bruce Lee langsung, tapi ini yang saya temukan di internet), “saya lebih takut dengan lawan yang punya 1 jurus tapi latihan 1000 kali, dibanding yang punya 1000 jurus latihannya hanya satu kali”. Kita ngga bisa hanya latah, pindah dari satu teknologi ke teknologi lain, kecuali teman-teman penulis blog, vlogger atau pengamat yang memang pekerjaannya melakukan ini. Karena kita selalu punya pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Belajar teknologi baru memang asyik, tapi ingat ada prioritas yang perlu diselesaikan. Bukan berarti kamu ngga boleh belajar teknologi baru, justru ini menjadi kewajiban. Kalau kamu punya waktu luang, membandingkan tool yang satu dan yang lain akan bisa membuka pikiran.

Pertanyaan yang ngga boleh kelewatan “bagaimana yang kamu pelajari diimplementasikan di dunia nyata?”. Kalau kamu ingin mengerjakan sesuatu yang produktif atau bekerja dengan orang lain, perlu komitmen untuk menggunakan satu teknologi / bahasa / framework yang didalami, agar fungsi dari teknologi yang kita pilih bisa dimaksimalkan.

Kalau kita hanya melihat laut dari atas, kita ngga akan bisa menghargai keindahan di bawahnya, yang tentunya jauh lebih menarik. Orang-orang berdebat, yang ini lebih baik dari itu, padahal belum mencoba mendalaminya. Saya yakin ngga ada satu tool yang sempurna untuk semua pekerjaan dan untuk semua orang.

Kamu akan mencari referensi di internet, teknologi mana yang terbaik dan menemukan semua orang punya pendapat masing-masing. Disini penting untuk melihat sumber aslinya, baca dokumentasi atau website resmi dari teknologi ini dan baca tujuan tool ini dibuat. Bandingkan dengan tujuan kamu, apakah ini cocok atau ngga.

Beberapa tips dalam mencari tool yang cocok untuk kebutuhan: [1] Lihat dokumentasi resminya, tujuan tool ini untuk apa [2] Banyaknya komunitas, karena sewaktu-waktu kita akan menemukan masalah dan butuh bantuan dari komunitas ini, baik offline maupun online. [3] Lihat contoh kasus (aplikasi atau website) yang sudah dibuat dengan tool ini. [4] Coba bereksperimen sendiri!

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban