Memulai Sertifikasi.

tech.jpgtech.jpeg

Tulisan ini mungkin ditujukan untuk orang orang yang belajar Programming. Namun kamu yang di luar programmer bisa membaca ini sebagai patokan kamu melakukan sertifikasi.


Pertama, apa itu sertifikasi, singkatnya, skill/kemampuan kamu akan di ukur dan menjadi standar dari industri, agar orang orang mengakui skill/kemampuan kamu secara profesional, biasanya ada yang disebut dengan sertifikasi.


Banyak jenis sertifikasi untuk kamu yang sebagai programmer. Sertifikasi dari instansi pemerintah, ataupun instansi swasta. Biasanya sertifikasi melalu tahapan pelatihan terlebih dahulu, kemudian di hari hari terakhir, kamu akan dites menciptakan suatu product sesuai ketentuan dari instansi itu.


Sebelum memulai pelatihan kamu, Sangat disarankan agar kamu belajar sedetail mungkin sebelumnya, Pengalaman saya adalah, saya terlalu tergesa gesa mengikuti pelatihan, dan ternyata di tengah jalan sedikit keteteran.


Pelatihan sertifikasi mungkin mengajarkan kita dari 0, namun apa salah nya jika kita belajar terlebih dahulu sebelumnya agar ketika sertifikasi kita bisa mengikutinya dengan kondisi 'sedikit paham' dengan topik yang akan di uji.


Apalagi, ketika sertifikasi itu berbayar. Cukup merugi ketika kita stack di tengah jalan bukan ?


Banyak ko pembelajaran berbasis online sekarang, dari sekolahkoding, dari youtube juga, dan masih banyak.


Ketika kita merasa cukup dengan 'bekal' kita, maka lakukan sertifikasi/pelatihan.

avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."