Logika, dasar dari segala program.

Jika makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bermafas, suatu program membutuhkan logika untuk berjalan. Kita harus ingat bahwa segala sesuatu yang bes...

cover Logika, dasar dari segala program.

Jika makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bermafas, suatu program membutuhkan logika untuk berjalan. Kita harus ingat bahwa segala sesuatu yang besar, ada sesuatu juga yang mendasarinya. Logika, dasar dari segala program.

[Mulai belajar Algoritma : Seri Belajar Algoritma]

A diberi nilai 10, B diberi nilai 20, berarti, A lebih kecil dari B. Jika A lebih kecil dari B maka, B lebih besar dari A. Logika sederhana ini adalah dasar dari ilmu yang kita kenal sebagai matematika. Namun, logika yang kita ketahui ini, ternyata maknanya lebih dalam dari yang kita kira.

Jauh sebelum kita mengenal ilmu pengetahuan seperti matematika atau algoritma, alam yang kita cintai ini sudah memberikan pelajaran tentang logika. Misalnya seperti jika hujan, maka basah, jika panas, maka menguap, jika matahari terbit, maka pagi hari, jika matahari terbenam, maka malam hari.

Kita mungkin merasa, seorang programmer harus mengerjakan programnya dari pagi hingga larut malam, namun ada yang lebih penting dari itu,

mendengarkan Alam.

Alam ini bukan hanya berbicara tentang lingkungan hidup kita saja, namun, alam ini adalah apa yang berkaitan dengan kita. Kita, orang lain, sekolah, kampus, hewan dan tumbuhan, semuanya. Kita harus bisa meresapi logika kehidupan ini. Dengan begitu, programmer yang baik adalah mereka yang bersatu dengan alam, yang memahami alam, yang memahami kehidupan ini.

Mungkin satu hal yang kita percayai, algoritma/logika kita, dapat diasah karena studikasus yang kita pelajari. Tapi ternyata tidak selalu seperti itu. Sama halnya dengan membaca, setelah membaca satu buku, kita tidak mungkin paham keseluruhan isinya, namun apa yang kita baca ini sebenarnya berada pada otak kita. Yang kita baca ini lah membuat kita berubah, passive change, perubahan pasif.

Saya percaya, apa yang telah kita rasakan, memahami logika yang di ajarkan alam, maka pemikiran kita akan membawa mendekati pemikiran alam juga. Jika kita telah mencapai kesana, maka, hidup kita menjadi lebih bermakna.

Ternyata, impact nya cukup besar ya, logika ini tidak hanya dasar dari program, tapi sebelum ada yang namanya program, logika ini menjadi ilmu yang diajarkan alam.

Kita sebagai programmer, atau orang orang yang terlibat dalam ilmu logika ini harus bersyukur karena lebih dekat dengan alam harusnya. Alam membawa kita pada penyelesaian masalah segala sesuatu. Jika kita paham terhadap ini, selain membuka logika berfikir, kita akan paham terhadap moralitas kehidupan, emosi jiwa atau bahkan nafsu.

Inilah kekuatan dari logika. Alam adalah guru terbaik kita, untuk menjadi manusia lebih baik.

avatar randynetworks
@randynetworks

23 Kontribusi 5 Poin

Diperbarui 2 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban