Jangan Ngoding Terus

Jangan Ngoding terus, ada banyak hal yang kamu harus kuasai diluar ngoding,


Sepintar pintarnya, sehebat hebatnya kamu ngoding, engga akan kepake, jika engga memperhatikan poin poin ini.


Pertama, adalah komunikasi. Tidak hanya hebat berkomunikasi dengan komputer, dengan beragam bahasa pemrogramannya, kamu yang pada hakikatnya adalah manusia sosial, sangat dituntut harus bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya. Karena, komunikasi sangat lah penting.


Di dunia kerja sendiri, baik itu kerja di instansi, ataupun sebagai kerja freelancer, komunikasi dibutuhkan untuk bekerja sama dengan client. Tentunya komunikasi yang baik, akan menghasilkan feedback yang baik. Komunikasi lainnya adalah, ketika kamu ingin mempromosikan suatu produk buatan sendiri, mau orang orang pake produknya gimana, kalo misalnya kamu engga bisa berkomunikasi dengan baik.


Sekali lagi, Tentunya komunikasi yang baik, akan menghasilkan feedback yang baik.


Yang kedua, adalah sikap disiplin, banyak programmer yang selalu dikejar deadline, dan bahkan di hari deadlinenya, project tersebut masih keteteran. Kamu harus tetap disiplin. Khusus nya jika sebagai programmer, harus belajar tentang manajemen projek, salahsatu didalam nya, ada manajemen waktu.


Ketika diberi deadline, kita ambil contoh, deadline kamu hanya di beri waktu 2 minggu. Disana, sebelum mengerjakan project, buatlah project tersebut ke bagian bagian kecil. Kemudian, tinggal perkirakan atau buat patokan,


“ oke, untuk bagian A, saya kerjakan 2 hari, untuk bagian B, pasti beres 1 hari juga “.


Ketika H-1 sebelum deadline, project kamu diharapkan telah selesai, 1 hari tersisa tersebut, tinggal pikirkan, bagaimana kamu pempersentasikan project ke client.


Dengan begitu, disiplin membuat kita menjadi lebih tenang di akhir, sehingga hasilnya akan memuaskan client, dan kamu juga.


Yang ketiga, adalah berani mengambil resiko. Jangan menjadi penakut untuk mengambil resiko, jika kamu ingin berkembang menjadi lebih baik, harus bisa mengambil resiko, tak apa jika gagal, karena kegagalan itu potongan potongan puzzle kesuksesan.


Artinya, berani mengambil resiko sama dengan berani bertanggung jawab. Jangan menjadi, resiko yang kamu ambil, jadi beban berat bagi diri sendiri. Jadikanlah hal itu menjadi bagian dari kamu, dibawa santai dan pikirkan hal kedepannya.


Tentu, jika semua resiko yang di ambil dengan berani dan siap, kamu akan membuahkan hasil yang positif juga.


Yang keempat, adalah jaga pola tidur, hal identik dari seorang programmer adalah begadang, seperti, kata rhoma irama, musisi dangdut legendaris indonesia, “ jangan begadang kalo tidak ada artinya “, dan saya pun sangat tidak menyarankan kamu untuk begadang.


Programmer juga, harus menjaga kesehatan fisiknya, tidur, dianjurkan 6–8 Jam sehari, karena otak kita membutuhkan istirahat yang cukup, bersamaan dengan seluruh tubuh kita yang lain juga.


Karena, jika kamu kurang tidur, kamu akan kehilangan fokus, dan bisa mempengaruhi pekerjaan atau project yang dikerjakan, itu dampak buat diri sendiri, namun, gimana kalo misalnya kamu bekerja dalam tim, ketidakfokusan, akan berdampak fatal pada pekerjaan project tim.


Jadi jagalah fisik, terutama pola tidur.


Itu adalah beberapa poin yang kamu harus perhatikan, sekali lagi, jangan ngoding terus.


Banyak diluar sana, programer programer yang pasif, yang tidak memperhatikan poin poin diatas dengan baik, alhasil, mereka kesulitan untuk menghidupi kebutuhannya, atau bahkan hingga keluarganya.



avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."