Cerita Eqi dan three musketeers menjadi programmer

Kenalin ?agan? Gunali Rezqi Mauludi atau biasa dipanggil Eqi, mahasiswa di Unikom Bandung yang sedang bekerja di CV Kurvasoft sebagai Web Developer in

Kenalin ?agan? Gunali Rezqi Mauludi atau biasa dipanggil Eqi, mahasiswa di Unikom Bandung yang sedang bekerja di CV Kurvasoft sebagai Web Developer ini sharing ceritanya yang sangat menarik ke teman-teman sekolahkoding semua. Banyak masalah yang sama yang orang lain alami diceritakan disini, mulai bingung milih jurusan, bingung mau belajar apa,download-download template ngga tahu mau diapain dan mengejar karir apa. Seru banget petualangannya, jangan sampai ngga baca.

> Halo gan! kesibukan sekarang apa nih?

Kesibukannya sekarang terkait pekerjaan, Alhamdulillah sekarang di percaya untuk ngerjain ?double project?, Web ERP dan aplikasi mobile.

> Sebelum ke dunia koding, aktivitasnya apa?

Sebelumnya saya dari SMK jurusan TKJ, aktivitasnya seputar setting-setting komputer agar terhubung satu komputer dengan lainnya dan terkoneksi internet..

> Awal ketemu dunia koding kapan dan dimana?

Ceritanya panjang, bingung nyeritainnya hehe, dulu saya masuk SMK jurusan TKJ, karena udah minat dari awal pengen banget masuk kejurusan yang berkaitan ama komputer, ketika mau daftar kebingungan ada dua pilihan ?TKJ? dan ?RPL? nanya kaka kelas, katanya mending ?TKJ? ga sulit, kalo ?RPL? mah pusing, susah, tugas nya ribet. akhir nya mantep deh milih TKJ, dulu di TKJ belajar yah.. buat kabel LAN, buat komputer di satu ruangan terhubung, buat web server, mail server,dll .. singkat cerita setelah masuk ke kelas 2 di SMK, saya di panggil oleh kepala jurusan TKJ, dan diperkenalkan ke perusahaan rekanan SMK saya (PT.MIS), nah disini lah awal dunia koding saya..

Saya diperkenalkan ke ?three musketeers? hehe, maksudnya saya di perkenalkan ke 3 orang yang ada di perusahaan tersebut,yang satu jago Web (pa Arvan), satunya jago desktop (pa Aris), satu nya jago mikrocontroller, web ataupun desktop (pa Acep).. mulai lah setiap pulang sekolah dari pada ngga ada kerjaan nunggu orang tua jemput, sekalian orang tua pulang kerja, karena jarak pulang ke rumah jauh, sekalian ngirit ongkos :v *curhat, akhirnya mampir untuk ke perusahaan tersebut, disitu saya ditawarkan mau belajar apa? disekolah udah sempet belajar bahasa pemrograman apa? kebingungan dehh .. karna jurusan saya kan TKJ?

Yah.. berjalannya hari-hari saya mulai dekat dengan mereka mulai ngeliat kerjaan mereka awalnya liat pa Arvan buat web, keren.. suka akhirnya download source code orang mulai ngacak-ngacak HTML orang lain ubah-ubah asset img nya ganti logo nya jadi nama saya, ngerasa oke udh bisa buat web.. trus liat pa Aris buat aplikasi desktop liat di title bar nya namanya ?visual basic? akhir nya nyoba juga download visual basic nyari tutorial di youtube.. entah kenapa lama-lama kebingunan jenuh, liat pa Acep lg ngerjain kerjaan simulator pake Unity, akhirnya kepengen juga nyoba download Unity.. nyoba tutorial di youtube.. script copas(copy-paste) lama-lama bingung juga?

Sampe-sampe saya diomongin sama pa Acep ?ini anak mau nya apasih, ini itu pengen di kuasain wkwkw :v? kata pa Arvan ?ngga papa biarin nyari jadi dirinya dulu? setelah itu.. saya di tanya ?tau Codeigniter ga ?? aku jawab ngga tahuu.. ooke.. coba cari aja di internet namanya Codeigniter trus coba pelajari.. dan saya ditinggal makan siang ama mereka dari jam 12 sampe jam 2, saya diem aja mantengin web Elislab Codeigniter ngga tahu harus apa.. baca ngga ngerti bahasa Inggris, bacanya apa ngga tahu..

Sampai mereka balik lagi ke kantor saya di tanya ?gimana udah bisa CI nya?? ngga tahuu.. kata pa Arvan ?ini nih di klik aja ?table of content nya? pas beliau klik taunya page nya scroll ke bawah gitu dan disitu ada documentation codeigniter nya wkwkw ngga tahu kalau itu bisa di klik dan itu bakal nampilin documentation.. di situ suruh baca-baca aja dulu klo ga ngerti tanyain aja.. lama lamaa saya ngga ngerti ? harus mulai dari mana??? akhirnya saya di kasih source code sama beliau suruh pelajari dan rubah-rubah aja.. saya dikasih kuncinya bahwa CI itu MVC, jadi liat aja di folder controller, model, view ? beliau menjelaskan.. Ngga tahu gimana pastinya tapi lama-lama saya mulai paham alurnya ci, gimana buatnya dari baca script yang beliau kasih ke saya..

Berjalan beberapa bulan, sampai saya di SMK diharuskan untuk PKL di suatu perusahaan.. dulu saya udah milih mau masuk ke P4TK IPA di samping Gedung Sate Bandung untuk PKL, cuma saya cancel saya lebih ngerasa pengen lanjut aja PKL ama ?three musketeers? , ketika udah mulai PKL selang beberapa hari saya langsung ditawari ?ini ada tugas untuk kamu.. untuk laporan PKL kamu yakin ini bakal jadi laporan untuk sidang PKL kamu paling MANTEP.. mungkin guru-guru kamu juga ngga semuanya bisa ngerjain ini. Denger kata kata itu ada rasa takut (gabisa menyelesaikan tugasnya) tapi ada rasa lebih ngerasa bangga bisa dipercaya dan tertantang.. kerjaan awal saya di dunia koding itu membuat sebuah ERP dari salah satu Brand Cloth Bandung.. dengan PHP dasar yg saya punya.. tau-tau ke CI tapi saya dibimbing ngerjain dengan beliau.. singkatnya saya merasa senang dikoding, tertantang.. dari kasus-kasus/pekerjaan yang mereka berikan kepada saya..

> Mulai serius di dunia koding kapan dan kenapa ?

Awal serius di dunia koding sampe-sampe ilmu di jurusan TKJ saya sebelumnya udah aga lupa, awalnya yah dari pekerjaan awal pembuatan ERP ( Enterprise Resource Planning ).. disini banyak kasus yang menantang, banyak ilmu yang didapat.. disini lah mulai berkelanjutan.. mulai download-download template web, ikut forum web, cari-cari info seputar web yang menarik..

> Apa hal yang luar biasa yang dilihat di dunia koding ?

Di dunia koding kita bisa mempelajari apa saja menurut saya, sebelum kita mengerjakan suatu project, kita harus tau flow dari project yang akan kita buat, jadi secara tidak langsung kita belajar banyak.. seperti membuat aplikasi ERP kita tau proses pemesanan barang, pembelian, penjualan ngatur stock gudang di sebuah perusahaan tuh kaya apa, terus pembuatan aplikasi sistem keuangan kita jadi tahu.. akuntansinya, jurnal umum, buku besar, dll.. jadi banyaaaaaak banget yang bisa kita perlajari di dunia koding.

> Kalau di sekolakoding sendiri apa yang agan dapatkan?

Banyak banget.. saya itu awal mulai ngoding itu langsung ke PHP Framework CI, kalo untuk html, css, js menurut saya untuk belajarnya ngga terlalu sulit, nah ini php nya.. saya dasarnya kurang.. belajar tau-tau di suruh CI loncat ngulik CI, dasar OOP PHP saya ngga tahu.. karena di SMK saya dulu bukan jurusan Pemrograman.. nah disini lah saya memperbaiki ?salah jalan? nya saya, mulai lihat tutorial dari awal, mulai ngereview ulang, belajar dari awal html, css, js, php, php oop, php mysql.. di sekolahkoding dan banyak banget kesalah pahaman saya selama ini akhir mulai di perbaiki..

> Agan termasuk aktif membantu di forum, boleh tahu alasannya?

alasannya, entah apakah saya membantu teman teman disini atau tidak, karna saya pun masih banyak belajar.. saya cuma merasa senang aja ketika melihat pertanyaan pertanyaan di forum sekolah koding, terkadang saya tau jawabannya saya jawab, terkadang pula saya gatau jawabnnya tapi saya coba pelajari juga cari cari di stuckoverflow baru saya post jawabannya di sini :v , intinya semakin banyak kasus/masalah yg ada, jika saya bisa menyelesaikannya, saya merasa senang bisa bisa memecahkan permasalahan tersebut..

> Pesan untuk teman-teman yang sedang belajar di sekolahkoding?

setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda-beda, ada yg dari menulis, membaca atau mendengarkan orang lain.. , dan setiap masalah yang ada jangan nyerah.. karena ketika kita berusaha untuk memecahkan masalah tersebut, dan terselesaikan disitu kita akan ngerasa sangattt sangat bangga.. semangat terus belajar koding nya, karna banyak banget yg bisa kita pelajari di dunia koding.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Diperbarui 4 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban