Bicara dan bantu orang lain

Setelah cukup lama berenang di kolam programming, skill kamu akan bertambah, pengalaman kamu jelas lebih banyak dibanding orang yang baru mencelupkan

Setelah cukup lama berenang di kolam programming, skill kamu akan bertambah, pengalaman kamu jelas lebih banyak dibanding orang yang baru mencelupkan kakinya di kolam ini. Orang-orang butuh bantuan kamu, jangan biarkan mereka kabur tidak jadi berenang apalagi sampai tenggelam.

Memang menakutkan untuk mulai membantu orang lain, tapi ingat, kita pun saat memulai dulu mendapat bantuan dari orang lain, entah itu di dunia maya atau di dunia nyata. Belajar untuk mengajar.

Ngga perlu membayangkan untuk langsung berbicara di atas panggung di depan ratusan orang, cukup cari satu orang yang tertarik di bidang ini, bantu dia. Satu hal yang menarik yang akan kamu temukan, dengan membantu orang lain, kamu akan belajar banyak hal baru. Hal-hal yang sebelumnya kamu ngga mengerti justru akan menjadi lebih jelas ketika kamu harus menjelaskannya ke orang lain.

Salah satu tips belajar yang luar biasa, kalau kamu ngga bisa menjelaskan dengan mudah ke orang lain, berarti kamu belum mengerti. Jadi bayangkan saat kamu belajar sesuatu yang baru, bagaimana kamu akan menjelaskannnya ke orang lain.

Selain dengan mencari satu orang tadi, kamu bisa mulai belajar menulis blog tentang yang kamu pelajari, membuat video di youtube atau mencari forum-forum tempat kamu bisa membantu banyak orang yang ngga kamu kenal di dunia nyata.

Mulai cari di internet dimana ada komunitas programming di kota kamu dan datang ketika ada acara. Gimana kalau ngga ada? bikin! cari satu dua orang yang tertarik, mulai dari pertemuan kecil. Dan pelan-pelan kembangkan komunitasmu, yap, seperti walikota, kamu akan punya pengaruh besar yang baik di daerahmu.

Komunitas programmer tidak akan sebesar sekarang, kalau masing-masing hanya mengurus dirinya atau semua malu ngga ada yang berani berbicara, takut disebut guru, takut disebut master. Ada banyak hal lain yang perlu kita takuti dibading mendapat pujian atau sindiran.

avatar hilmanski
@hilmanski

2665 Kontribusi 2131 Poin

Diperbarui 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban