Berpikir garis besar

Sering kali kita ngoding hanya mengandalkan jari-jari, percaya semakin banyak mengetik semakin produktif. Padahal ngga sama sekali. Berpikirlah lebih

Sering kali kita ngoding hanya mengandalkan jari-jari, percaya semakin banyak mengetik semakin produktif. Padahal ngga sama sekali. Berpikirlah lebih banyak dan menulislah lebih sedikit.

Program yang ngga dipikirkan dengan baik, ngga akan berjalan dengan baik. Masalahnya akan mulai terlihat ketika kita mau mengubah dan mengupdate beberapa baris kode, akibat dari tidak merancang atau berpikir dengan baik akan membuat kita jauh lebih tidak produktif ke depannya.

Silahkan menggunakan kertas dan pulpen, ngga harus software mahal sama sekali. Merancang program secara garis besar, seperti blueprint dari apa yang akan kita buat. Fungsi (bukan nama fungsi, tapi hal apa yang bisa dilakukan di program ini) apa saja yang akan ada, struktur database seperti apa yang diperlukan, bagaimana hubungan antara satu data ke data yang lain.

Kalau bekerja dengan orang lain atau di perusahaan disarankan untuk menggunakan UML diagram sebagai “bahasa universal” yang bisa dimengerti orang lain.

Biasakan menyediakan waktu untuk berpikir di awal, sebelum memulai ngodingnya. Menjadi arsitek yang merancang bangunan kokoh, bukan bangunan yang ditiup angin jadi layu. Ingat kata orang bijak, penyesalan datang di akhir, kalau di awal namanya pendaftaran.

avatar hilmanski
@hilmanski

2670 Kontribusi 2132 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban