Bagaimana cara masuk ke zone?

Kamu pernah olahraga, main futsal misalnya dan terus mencetak skor dalam satu pertandingan? atau menulis kode menjadi sangat lancar, mencari bug teras

Kamu pernah olahraga, main futsal misalnya dan terus mencetak skor dalam satu pertandingan? atau menulis kode menjadi sangat lancar, mencari bug terasa jadi mudah? seperti bukan diri kamu sendiri, kenalkan zone/flow!

Zone atau flow, adalah kondisi ketika kita ada di puncak konsentrasi, apa yang terjadi kalau kita ada di kondisi ini? skill kamu akan meningkat seperti punya kekuatan ekstra menyelesaikan suatu masalah. Sayangnya tidak mudah untuk memasang mode ini. Di bawah beberapa tips yang bisa kamu coba:

Fokus! tulis apa yang mau kerjakan, fokus ke satu hal! pastikan hal ini adalah priotritas

Lingkungan tanpa distraksi dari orang lain, matikan handphone dan notifikasi, hindari tempat yang ramai.

Punya habits/kebiasaan yang diulang, seperti minum air putih, berdoa, atau ada "ritual" setiap sebelum masuk ke zone ini. Anggap ada satu area yang penuh dengan rumput tinggi yang menghalangi pandangan, semakin sering kita melewati jalan ini, rumputnya akan terinjak dan membuat jalur yang bisa kita lewati dengan mudah di waktu berikutnya.

Tugas yang mudah sayangnya tidak akan membuat kamu masuk ke zone, cari tantangan yang sulit dan ingin kamu selesaikan, dengan niat skill kamu akan bertambah nantinya.

avatar hilmanski
@hilmanski

2665 Kontribusi 2131 Poin

Dipost 5 tahun yang lalu

Belum ada Jawaban. Jadi yang pertama Jawaban

Login untuk ikut Jawaban