Apakah Syntax Koding Perlu Dihafal?

Pernah ngga kamu merasa lupa pada saat menulis kode untuk mendapatkan data waktu hari ini? Atau lupa cara untuk menghapus salah satu elemen array pada indeks ke-0? Tenang hal tersebut merupakan hal yang normal.


Semakin sering kamu ngoding, mempelajari library atau framework yang berbeda, bahkan mempelajari banyak bahasa membuat kamu lupa bagaimana cara menulis kode yang kamu inginkan. Kabar baiknya, syntax koding memang tidak perlu kamu hafalkan.


Di sekolah kita dibiasakan untuk menghafalkan semua hal yang telah kita pelajari. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak dibolehkannya membuka buku atau catatan pada saat ujian. Di dunia kerja, hal tersebut tidak berlaku. Pada saat bekerja kita punya teman bernama internet, di sana kita bisa melihat apa pun yang kita cari. Sehingga apabila kalian lupa syntax, kalian bisa mencari cara melalui internet, melalui buku, menonton tutorial, atau sumber belajar lainnya.


Pertanyaan berikutnya, apakah setiap kita menulis kode kita harus selalu melihat dari internet? Jawabannya tentu tidak karena hal tersebut kurang efisien. Tapi tenang, semakin sering kamu menulis kode atau semakin sering kamu praktikkan secara alami kamu akan ingat syntax tersebut.


Syntax koding memang tidak perlu kamu hafalkan. Yang paling penting teman-teman mengerti konsepnya dan mencoba untuk mempraktikkannya lebih sering. Jadi jangan khawatir, kekhawatiran kamu yang suka lupa syntax koding padahal sudah lama belajar, nyatanya dialami oleh semua programmer. Untuk pembahasan lengkapnya, silahkan tonton video ini!


[[embed]]youtube=sFNJ4jM8YsA[[/embed]]






avatar izzan1995

Ditulis oleh @izzan1995

""