Analisa dan Perancangan Sistem Informasi #4 Konsep FlowChart dan Data Flow Diagram (DFD)

Ada dua poin yang akan kita bahas, ada Flowchart, dan ada Data Flow Diagram alias DFD kalo anak sistem bilangnya. Mari pelajari satu persatu.


Flowchart

Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.


Nah, Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.


Petunjuk yang harus diperhatikan

Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :


  1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
  2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
  3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
  4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja,
  5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
  6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
  7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.


Nah jika kembali ke poin 7 tadi, ada beberapa simbol standar yang biasanya kamu bisa gunakan untuk membuat flowchart.


Simbol-Flowchart.jpg

Tabel simbol simbol flow chart


Waw, Banyak sekali ya! Tapi tentu saja, kamu engga akan gunain semuanya. Gunakan sesuai keperluannya.


Jenis Jenis Flowchart

Setelah mengerti jenis atau simbol simbol Flowchart, ada beberapa jenis dari flowchartnya itu sendiri.


Flow Chart Sistem


Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.


Flowchart Sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data itu. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online (dihubungkan langsung dengan komputer) atau offline (tidak dihubungkan langsung dengan komputer, misalnya mesin tik, cash register atau kalkulator)


Nah kaya gini contohnya,


Screenshot-from-2021-01-23-16-28-43.png

Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen

Flowchart Paperwork menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem. Flowchart Paperwork sering disebut juga dengan Flowchart Dokumen. Kegunaan utamanya adalah untuk menelusuri alur form dan laporan sistem dari satu bagian ke bagian lain baik bagaimana alur form dan laporan diproses, dicatat dan disimpan.


Misalnya kaya gini,


Ada algoritma sederhana.


  1. Pembeli obat memberikan resep kepada kasir
  2. Kasir mencatat resep
  3. Kasir memberikan resep kepada apoteker dan membuat struk untuk pembeli
  4. Apoteker menerima struk
  5. Pembeli mendapatkan struk


Maka nanti flowchart dokumennya seperti ini,

Screenshot-from-2021-01-23-16-32-21.png


Flowchart Program

Terakhir ada flowchart program, Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi. Programmer menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan instruksi dari program komputer. Analis Sistem menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur atau operasi.


Nah contohnya kaya gini,

Screenshot-from-2021-01-23-16-33-45.png


Perlu dicatat, khusus untuk FLowchart Program mungkin kita bahas di seri belajar Alrogritma, karena FLowchart Program salahsatu bentuk dari representasi logika pemrograman selain natural language dan pseu-code.


Itulah beberapa hal terkait Flowchart.


Data Flow Diagram (DFD)

Kita bahas sedikit tentang DFD ini. Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.


DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.


DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.


Jika di flowchart ada yang namanya simbol, maka di DFD ada yang disebut komponen. Jadi ada 2 Persepsi menurut para ahli.


Screenshot-from-2021-01-23-16-39-03.png

Biasanya saya lebih sering membuat komponen menurut Yourdan dan DeMarco.


Itu dulu tentang Konsep FlowChart dan Data Flow Diagram (DFD), Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam tentang Data Flow Diagram (DFD) dan spesifikasi proses.


Semangat Terus belajar!

avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."