Analisa dan Perancangan Sistem Informasi #2 Konsep Dasar Sistem, Informasi dan Sistem Informasi

Sebelum ngebuat sistem, alangkah baiknya kita harus mengenal apa itu sistem, informasi dan sistem informasi itu sendiri.


Definisi Sistem

Dalam mendefinisikan sistem, ada dua kelompok pendekatan yaitu menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya yaitu,


"Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu. "


Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi didalam sistem.


"Prosedur adalah urutan-urutan operasi yang biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan nyang seragam dari tansaksi-transaksi bisnis yang terjadi."


Karakteristik Sistem

Nah, jadi sistem sendiri punya karakteristiknya, Kita bahas satu persatu.


  1. Komponen, Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang saling berinteraksi,yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan.
  2. Batasan sistem (boundary), Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya.
  3. Lingkungan luar sistem (environment), Lingkungan luar sistem (environment) adalah diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
  4. Penghubung sistem (interface), Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsitem dengan subsistem lainnya.
  5. Masukkan Sistem (input), Masukkan adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem, yang dapat berupa perawatan (maintenace input), dan masukkan sinyal (signal input). Nah, Maintenace input itu energi  yang dimasukkan agar sistem dapat beroperasi. Sedangkan signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
  6. Keluaran sistem (output), Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. 
  7. Pengolah sistem, Suatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran. Sistem produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi,ya contohnya seperti sistem akuntansi akan mengolah data menjadi laporan-laporan keuangan. Terakhir ada,
  8. Sasaran sistem, Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran dari sistem sangat menentukan input yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.


Masih engga paham sama definisinya? Kita liat ilustrasinya.

Screenshot-from-2021-01-23-14-10-35.png

Gambar Ilustrasi Sistem


Definisi Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Sumber informasi itu data. Data kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah kejadian yang terjadi pada saat tertentu.


Siklus Informasi

nah kalo digambarkan, siklus proses dari data menjadi informasi seperti ini,

Screenshot-from-2021-01-23-14-13-38.png

Gambar siklus informasi


Nah kalo di ringkas lebih sempit, gambaran daripada data menjadi informasi seperti ini,


Screenshot-from-2021-01-23-14-16-07.png

Gambar data menjadi informasi


Informasi juga harus memiliki kualitas, jadi ada 3 kualitas dari Informasi.

  1. Informasi harus akurat (accurate) : Informasi harus akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.
  2. Tepat pada waktunya (time liness) : Tepat pada waktunya berarti informasi yang datang pada pemerima tidak boleh terlambat. informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi.
  3. Relevan (relevance ) : Relevan berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.


Konsep Dasar Sistem Informasi


Setelah kita tau tentang sistem dan informasi, jdi apa itu Sistem informasi? Jadi sistem informasi itu suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan. 


Konsep Sistem Informasi


Sistem informasi sebenarnya terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan (building block) yaitu :


  • Blok masukkan (input block), Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  • Blok model (model block), Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan metode matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang sudah diinginkan.
  • Blok keluaran (output block), Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  • Blok teknologi (technologi block), Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian diri secara keseluruhan.
  • Blok basis data (data base block), Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
  • Blok kendali (control block), Banyak faktor yang dapat merusak sistem informasi, misalnya bencana alam, api, temperatur tinggi, air, debu, kecurangan-kecurangan, kejanggalan sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan  ketidakefisienan,  sabotase  dan  sebagainya. 


Itulah tentang Konsep Dasar Sistem, Informasi dan Sistem Informasi. Kita akan bicara tentang macam macam Metodologi pengembangan sistem!


Tetep semangat!

avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."