Algoritma Series - Variable dan Konstanta

Variabel adalah sebuah wadah untuk menyimpan sesuatu. Bisa itu nilai, atau variabel juga. Variabel ini bersifat dinamis, artinya nilai yang berada pada variabel tersebut bisa diganti atau diubah.


Sedangkan konstanta adalah variabel dengan nilai yang tetap. Semisal adalah nilai PI 3.14. Ini adalah nilai yang tetap dan kita tidak boleh merubahnya. Dan biasanya, sebuah variabel konstanta memiliki cara tulis UpperCase, artinya semua huruf lebih baik huruf kapital. Penulisan Variabel diawali dengan kata var dan untuk sebuah constant, kita menulis const. Kita lihat contoh penulisan variabel dibawah ini.


var nama = β€œRandy”

const PI = 3.14


Pemilihan nama sebuah variabel harus relevan dengan nilai yang akan dimasukan pada variabel itu. Karena bisa jadi kita akan sering menggunakan variabel itu di kemudian masalah. Cara penulisan variabel ada beberapa ragam jenis, seperti :


  • Camel Case : Artinya penulisan ini mirip dengan bentuk unta, huruf pertama di kata pertama kecil, dan selanjutnya huruf pertama di kata kedua dan seterusnya kapital. Contohnya, iniCamelCase.
  • Snake Case : Artinya mirip seperti ular. Setiap kata menggunakan huruf kecil dan jika lebih dari satu kata, maka akan dipisahkan menggunakan garis bawah (underscore). Contohnya, ini_snake_case.
  • Kebab Case : Artinya mirip seperti snake Case, namun pemisahnya tidak menggunakan garis bawah (underscore) melainkan garis penghubung (strip). Ini contohnya, ini-kebab-case. Namun perlu diperhatikan, terkadang di beberapa bahasa pemrograman, penggunaan ini akan error.
  • All Caps : All Caps artinya keseluruhan nama variabelnya dibuat kapital, ini digunakan pada variabel constant agar lebih terlihat dan diperhatikan. Contohnya seperti tadi, PI.


Itu dia pengenalan variabel dan constanta, selanjutnya kita akan belajar mengenai tipe data pada sebuah algoritma.




avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."