Algoritma Series - Tipe Data

Tipe data artinya label pada nilai, ini menjadi penting pada sebuah algoritma. Tipe data dibagi menjadi 2, Ada tipe data primitive, artinya tipe data sederhana. Sedangkan yang satu lagi, adalah tipe data composite. Tipe data ini adalah kumpulan dari tipe data primitive. Kita akan jabarkan satu persatu.


Tipe Data Primitive

Ada 3 jenis tipe data primitif dalam Algoritma


Tipe data Integer

Di dalam Algoritma, ada tipe data integer, tipe data yang terdiri dari angka bulat ( tidak mengandung nilai pecahan atau nilai desimal). Kita lihat jenis tipe data integer pada tabel dibawah serta seberapa besar ia mengambil memori pada program dan rentan nilai yang digunakan.


V4jWEbKeMldw2UOqzl76LlQt7gu9G3mJW8aKb7b6-rwtELXLMccXIOn5kkiGDgnJkDIZnWAPDS_t9twmDFj4WQO793UhY3IeIZpRoQiBlvGuQr1kPc_b6eMY63uzY4mVZJbMcOql


Tipe data Real

Selain integer yang tidak memiliki nilai pecahan atau desimal, Real ada untuk menutupi kekurangan itu. Di Algoritma biasanya, digunakan untuk angka desimal (pecahan, misalnya 3.14). Tipe data ini dikenal juga dengan tipe data float atau floating point. Kita lihat tabel dibawah ini.


3Q1YPT3EzTRQuUBl0ZyelA-LNumy0OotmHcoK8Hp1QIQRuN5x9UgBdla7QuFlLNJB3I7n6d-xZc_jKyLhSO226-hWHfFacVFs8V9SthB3P3G1F3AuTMsj1nWd_59HGBYDuNBECLh


Tipe data Char

Tipe data yang hanya bisa diisi dengan 1 karakter saja.  Karakter ini (alphanumeric) harus ditulis diantara tanda kutip dua(“ ”)/kutip satu (‘ ’). Karena hanya bisa diisi dengan 1 karakter saja, tipe data char hanya membutuhkan 1 byte memory (1 byte = 8 bit). Meskipun tipe data Char dapat diisi angka namun nilai tersebut tidak dapat dilakukan operasi aritmatika dalam program kita nanti.


Tipe data Boolean

Ini merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi. Sebagai bilangan ordinal boolean TRUE mempunyai nilai 1(satu), sedangkan FALSE nilainya adalah 0 (nol).


Tipe Data Composite

Ada 4 jenis tipe data Composite dalam Algoritma


Array

Array atau larik, yaitu tipe data yang sudah terstruktur dengan baik, meskipun masih sederhana.  Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variabel.  Array mampu menampung banyak data namun dengan satu tipe data yang sama, misalnya integer saja. Setiap lokasi data array diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut. Index dimulai dari 0. Kita lihat ilustrasi berikut.


vyb4VM3S-H2WUsQ0yxjN_q2l5ZYsKYKHD79oXDnsxzTNQl3FN_XE9LZQ0ftZuScsNr6ARDf-JuwXdpKk1E_thAmEId7wQCXk2rfUn-EtXvO7NNbkyNsqubrAGJGHK1mqOW9LfO07


Record/Struct

Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen). Misalnya, satu bagian integer, satu bagian lagi character, dan bagian lainnya Boolean.  Biasanya record digunakan untuk menampung data suatu objek. Misalnya, siswa memiliki nama, alamat, usia, tempat lahir, dan tanggal lahir. Nama akan menggunakan tipe data string, alamat bertipe data string, usia bertipe data single (numeric), tempat lahir bertipe data string, dan tanggal lahir bertipe data date. Berikut contohnya.


mFnFtnu_H816YDnIDKPqo4LoIiUa3C5eBG8T0TL7yeRHeNIINOP7hkFxcmngq4qfDs625ezI4TxxEE7LwfSg7pJsJJmRetHyuPURTK6u56E9oYYMEia9srfiTFeW1Kn9qnQ1MDS6


Image

Image, atau gambar, atau citra, merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan, dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa pemrograman modern terutama yang berbasis visual, tipe data ini telah didukung dengan sangat baik. Ini contoh image.


Sekolah Koding



Date Time

Yang terakhir adalah date Time, Nilai data untuk tanggal (date) dan waktu (time) secara internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data Date dapat digunakan untuk menyimpan, baik tanggal maupun jam. Tipe data ini masuk dalam kelompok tipe data composite, karena merupakan bentukan dari beberapa tipe data. 


Senin, 9 Februari 2020 19:18:30


Itu dia jenis jenis tipe data pada algoritma yang biasa sering kita gunakan.




avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."