Algoritma Series - Pengulangan


Pengulangan sesuai namanya adalah mengulang ngulang sebuah program sampai kondisi yang diatur bernilai salah. Pengulangan banyak dilakukan ketika kita ingin mengeluarkan keseluruhan data pada array atau lebih rumit lagi. Kita lihat contoh algoritma sebagai berikut.


  1. Mulai
  2. Tetapkan variable x = 0
  3. Selama x kurang dari 10, Lakukan perintah No. 4
  4. Cetak kalimat “ini adalah pengulangan”
  5. Tambahkan variable x = x + 1
  6. Selesai


Bagaimana cara kita menampilkan kalimat “ini adalah pengulangan” hingga 10 kali tanpa menulisnya secara manual. Ada beberapa cara kita melakukan pengulangan pada sebuah algoritma, diantaranya adalah for, while dan repeat until. Kita akan perlihatkan cara penulisannya satu persatu.


For

For memiliki tiga bagian di dalam sebuah kurung, bagian pertama adalah inisialisasi kondisi, selanjutnya bagian kedua adalah testing kondisi, dan bagian ketiga adalah iterasi. Program yang dijalankan jika kondisi benar berada pada kurung kurawal di sebuah for. Selama testing kondisi bernilai benar, maka program akan terus dijalankan. Setelah dijalankan, bagian ketiga iterasi akan digunakan untuk menambah atau mengurangi inisialisasi kondisi dibagian pertama.


for (initialCondition; testExpression; iterativeStatement) {

   Instruksi 1;

   Instruksi 2;

   // ...

   Instruksi N;

}


While

Jika sebelumnya semua dimasukan dalam kurung, pada while kita harus mendeklarasikan inisial kondisi atau kondisi awalnya. Barulah kita check pada while. Selama test ekspresinya bernilai benar, maka program atau instruksi dijalankan. Dan sebelum pemeriksaan selanjutnya, kita menjalankan iterasi di akhir program.


initialCondition;

While ( testExpression ) {

   Instruksi 1;

   Instruksi 2;

   // ...

   Instruksi N;

iterativeStatement;

}


Repeat Until

Pada while kita check apakah kondisi benar? Jika benar program di dalamnya akan dijalankan. Namun pada Repeat Until, kita menjalankan program hingga kondisi yang diinginkan. 


initialCondition;

Repeat 

   Instruksi 1;

   Instruksi 2;

   // ...

   Instruksi N;

Until ( WrongTestExpression );


avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."