Algoritma Series - Intro

Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan, Kata pencipta Algoritma, Bapak Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī. Simpelnya algoritma adalah langkah langkah kita menyelesaikan suatu permasalahan secara logika dan terstruktur. Kita lihat contoh simpelnya dari Algoritma.


7GetExqQrgBkAfbVVuNRZVB0o7_2JyD6Gxb6H7RoKVb0s-XiMicd_cYMZMR-h1VrkSFuF9YvCiL7qmtxP4WZj_xxp1j7xMd5NcTi4yGpsjyRq5NF9T6b388gXXsoRJ2cIlhrgAql


Pertanyaannya adalah, bagaimana cara kita memindahkan isi gelas A ke kelas B, dan B sebaliknya. Kita harus bisa selesaikan dengan algoritma. Bagaimana caranya?


XjMKDVkZKoayTU4TlCkMHLXOCCMuK_Ce-twK5Pp1cPG5NIuiutr0azm1WoeDEf7MarkaFLVgvQwo6WYREa_aWajVfR4xCX5O0ST6riaqrhFrTulWVLAHqeE5KV_5VeZS4oosgtDW


Salah satu caranya adalah kita menyiapkan gelas C kosong. Mulanya kita masukan air teh yang berada di gelas A ke gelas C yang kosong. Akhirnya gelas A kosong. Kemudian kita bisa masukan air kopi di gelas B ke dalam gelas A. Dan gelas terakhir, kita masukan air teh yang berada pada kelas C ke gelas B yang kosong. 


Itu salah satu cara kita menyelesaikan masalah menggunakan Algoritma. Selanjutnya kita akan belajar dasar dasar dari Algoritma untuk sebelum kita ke Javascript. 




avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."