Algoritma Series - 3 Bentuk Algoritma

Untuk menyelesaikan masalah algoritma memiliki beberapa cara merepresentasikannya, disini ada tiga bentuk algoritma, Natural language atau bahasa natural, FLowchart atau bagan alur, pseudo language adalah bahasa yang mendekati pemrograman. Kita akan bahas satu persatu dengan singkat.


Natural Language

Bahasa natural adalah bahasa yang mendekati bahasa manusia. Kemudian bahasa ini lebih mudah kita baca dan pahami, apalagi untuk orang yang awam dalam dunia Algoritma atau pemrograman.  Bagaimana cara penulisannya? Kita lihat dibawah ini.


Judul

Algoritma Menampilkan angka 1 - 10

{algoritma menampilkan angka dari 1 - 10 }


Deskripsi

Tetapkan variabel x sebagai tipe data integer


Algoritma

Beri nilai x = 1

Selama x lebih kecil samadengan 10, maka tambahkan x dengan nilai x + 1

Cetak nilai x

selesai


Penulisan algoritma ini sangat mudah karena bahasa yang digunakan akrab dengan kita sehari hari.


Flowchart

Penulisan selanjutnya adalah flowchart, algoritma ini dibuat dengan menggunakan bentuk gambar dan simbol yang dapat dibaca juga dipahami secara logis. Sebelum menggunakan model flowchart, kita harus paham dulu mengenai simbol simbol flowchart yang digunakan. Kita lihat tabel flowchart dibawah.


oLNeHM79X8o4Qxb1bwHDewcAeVmXF2Wnx297tMUhPFRDrR-fU7boScY7UirHnvIpXMgooWprX7c8sFuQL83y_o6XqyB6MZmo3jQq3r_RTZBtnoOrS3C0uun9IwuN543bGQJ9PiuP


Kita mungkin tidak menggunakan keseluruhan simbol dalam satu algoritma, tapi kita harus paham makna setiap simbol dari flowchart. Kita lihat bagaimana cara kita mengimplementasikan algoritma natural language kepada flowchart.


8QHae0THvnKT9YmCpxYuwNho0f2E_wYsd3NsqqrZqjisWNWTiBROFc42tVSbMoSnYIIX3BMsrk83IkrVHkbj0vqlzfsWvlZr8KmPg3pxTIOChVrFvdhujyGLHcPxsZVc8seg9fo1

Poin penting agar kita memahami alir bagan atau flowchart adalah panah pada algoritma, setidaknya kita paham alir dari algoritma yang berjalan.


Pseudo Language

Yang terakhir dari penulisan algoritma adalah pseudo language, adalah penulisan algoritma yang mendekati instruksi bahasa pemrograman. Penulisan dari pseudo language mirip dengan bahasa pemrograman seperti C, pascal atau bahasa bahasa pemrograman lainnya. 


Penulisan dari pseudo language dikenal lebih simpel dan to the point, karena langsung pada akar permasalahannya. Kita lihat implementasi penulisan pseudo language pada studi kasus yang sama sebelumnya.


Judul

Algoritma_Menampilkan_angka1-10

{algoritma menampilkan angka dari 1 - 10 }


Deskripsi

Integer x 


Algoritma

x = 1

For (x <= 10, x++)

print(x)

selesai


Sangat sederhana bukan? Namun jika untuk orang awam, penulisan ini sedikit rumit karena ada beberapa istilah seperti integer atau for dan ini tidak ramah untuk orang awam.


Itu dia cara penulisan Algoritma, jika kita simpulkan penulisan algoritma hanya bagaimana cara kita merepresentasikan logika kita. Yang penting dari hal ini adalah apakah algoritma kita bisa diterima orang lain atau tidak. Penulisan algoritma baru hal kedua yang kita pikirkan kemudian.







avatar randynetworks

Ditulis oleh @randynetworks

"Untuk meraih sesuatu, harus mengorbankan sesuatu juga."